Khamenei Puji Warga Iran dalam Perang Lawan Virus Corona

Jum'at, 20 Maret 2020 - 18:30 WIB
Khamenei Puji Warga Iran dalam Perang Lawan Virus Corona
Khamenei Puji Warga Iran dalam Perang Lawan Virus Corona
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dalam pidato Tahun Baru Persia memuji warga Iran atas pengorbanan "yang mempesona" dalam memerangi wabah virus corona di negara tersebut.

Pemegang otoritas tertinggi di Iran itu mengatakan, ini menjadi tahun kacau bagi warga Iran yang telah mendapatkan sanksi Amerika Serikat (AS), banjir, dan virus corona yang menewaskan hampir 1.300 orang di Iran dan menginfeksi lebih dari 18.000 orang.

"Tindakan pengorbanan itu dilakukan oleh kelompok medis, dokter, perawat, asisten, manajer dan staf yang bekerja di berbagai rumah sakit," papar Khamenei yang terlihat sehat meski ada rumor dia telah terinfeksi dengan virus corona baru itu.

Para pejabat yang dekat dengan Khamenei menyangkal rumor tersebut.

Nowruz atau "hari baru" dalam bahasa Persia itu merupakan perayaan kuno dan tanggal paling penting dalam kalender, saat keluarga berkumpul dan saling tukar hadiah.

Namun virus corona membayangi perayaan tersebut. "Tahun lalu merupakan tahun kacau bagi bangsa Iran. Ini tahun yang dimulai dengan banjir dan berakhir dengan virus corona tapi kita akan menghadapi semua kesulitan itu dengan bersatu," tutur Khamenei.

Dia memberi nama tahun baru itu, "Tahun mendorong produksi."

Dalam pesan terpisah, Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan rakyat Iran memuji para dokter dan perawat atas keberanian mereka memerangi penyakit itu.

Jutaan rakyat Iran sekarang dalam isolasi diri selama perayaan Tahun Baru Persia. Namun kepolisian menyatakan banyak yang mengabaikan peringatan oleh petugas medis untuk tetap di rumah dan menghindari kerumunan orang. Publik masih ada yang datang ke pantai Kaspia, tujuan wisata favorit selama liburan Nowruz.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5986 seconds (0.1#10.140)