Gregotti, Arsitek Stadion-stadion Top Dunia Meninggal karena Corona

Senin, 16 Maret 2020 - 14:48 WIB
Gregotti, Arsitek Stadion-stadion Top Dunia Meninggal karena Corona
Gregotti, Arsitek Stadion-stadion Top Dunia Meninggal karena Corona
A A A
ROMA - Vittorio Gregotti, seorang arsitek Italia yang membantu mendesain stadion Olimpiade Musim Panas Barcelona 1992, meninggal pada Minggu (15/3/2020) pada usia 92 tahun. Dia meninggal setelah terinfeksi virus corona jenis baru, COVID-19.

Gregotti meninggal setelah dirawat di rumah sakit di Milan. Menurut surat kabar Corriere della Sera dan kantor berita AGI, dia terpapar COVID-19.

Dia pula yang merancang stadion Merassi di Genoa untuk Piala Dunia 1990-an di Italia, dan Arcimboldi Opera Theatre di Milan—struktur futuristik yang dibangun untuk memungkinkan musim berlanjut ketika La Scala menjalani renovasi pada 2002-2004.

Sorotan lain dalam karier yang juga membuatnya membangun distrik perumahan di Shanghai, pusat budaya Belem di Portugal dan Grand Theatre de Provence di Prancis.

Sebagai bentuk penghormatan, sesama arsitek Italia; Stefano Boeri, menyebut Gregotti; "Seorang ahli arsitektur internasional yang menciptakan kisah budaya kita."

"Kesedihan yang luar biasa," tulis dia di Facebook.

Istri Gregotti, Mariana Mazza, telah dirawat di rumah sakit yang sama di Milan. Surat kabar Corriere della Sera, dalam laporannya tidak merinci kondisi Mazza.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5208 seconds (0.1#10.140)