Gara-gara Corona Tiga Negara Amerika Latin Tutup Semua Sekolah

Kamis, 12 Maret 2020 - 15:28 WIB
Gara-gara Corona Tiga Negara Amerika Latin Tutup Semua Sekolah
Gara-gara Corona Tiga Negara Amerika Latin Tutup Semua Sekolah
A A A
SAN SALVADOR - Setidaknya tiga pemerintah Amerika Latin memerintahkan penangguhan jangka pendek semua kelas, baik di sekolah negeri maupun swasta. Kebijakan itu diberlakukan dalam upaya untuk memperlambat penyebaran virus Corona yang sangat menular.

Presiden El Salvador Nayib Bukele memerintahkan semua sekolah untuk ditutup selama tiga minggu ke depan. Ia menambahkan bahwa semua pertemuan massa juga akan dilarang meskipun sejauh ini belum ada kasus infeksi virus Corona yang dikonfirmasi di negara itu.

"Yang paling penting saat ini adalah kesehatan setiap warga El Salvador," kata Bukele dalam pidatonya yang disiarkan oleh stasiun televisi seperti dikutip dari Reuters, Kamis (12/3/2020).

Penutupan sekolah di El Salvador terjadi tak lama setelah pejabat di Peru dan Panama mengambil tindakan serupa.

Menteri Pendidikan Panama mengatakan bahwa negara itu akan menangguhkan kelas pada hari Rabu, juga mengutip ketakutan terhadap penyebaran virus Corona.

Menteri Pendidikan Panama, Maruja Gorday, dalam sebuah pernyataan mengatakan langkah-langkah darurat itu berlaku untuk sekolah negeri dan swasta serta berlaku setidaknya hingga 7 April di sebagian besar wilayah negara itu.

Meskipun demikian, seorang pejabat kementerian pendidikan mengatakan, para siswa akan melanjutkan studi mereka melalui pelajaran yang telah disiapkan yang dapat diselesaikan di rumah.

Sebelumnya, Presiden Peru Martin Vizcarra mengatakan semua sekolah akan ditutup setidaknya sampai 30 Maret. Pemerintah Peru sejauh ini telah melaporkan 15 kasus virus Corona yang telah dikonfirmasi.

Brazil, yang memiliki lebih banyak kasus virus Corona daripada negara Amerika Latin lainnya, belum mengeluarkan pembatasan serupa.

Menteri Kesehatan Panama Rosario Turner awal pekan ini mengumumkan kematian pertama yang disebabkan oleh virus Corona di negara Amerika Tengah. Tercatat ada 10 kasus virus Corona yang dikonfirmasi di Panama. (Baca: Dua Negara Laporkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona )

Tepat di utara di negara tetangga Kosta Rika, pemerintahnya mengatakan telah mengkonfirmasi 22 kasus virus Corona, hampir dua kali lipat dari jumlah sebelumnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6157 seconds (0.1#10.140)