Joe Biden Menang di Tujuh Negara Bagian AS pada Super Tuesday

Rabu, 04 Maret 2020 - 14:01 WIB
Joe Biden Menang di...
Joe Biden Menang di Tujuh Negara Bagian AS pada Super Tuesday
A A A
WASHINGTON - Joe Biden diproyeksikan menang di tujuh negara bagian pada pemilu pendahuluan Super Tuesday. Adapun Bernie Sanders menguasai dua negara bagian dalam hari terbesar voting nominasi presiden Partai Demokrat 2020 itu.

Edison Research dan jaringan televisi Fox News menyatakan Biden sebagai pemenang di Virginia, North Carolina, Tennessee dan Alabama berdasarkan hasil hitung cepat pada Super Tuesday, saat warga AS di 14 negara bagian memberikan suara untuk para kandidat Demokrat yang akan melawan Presiden Donald Trump pada pemilu 3 November.

Fox News juga memproyeksikan Biden menang di Oklahoma. Associated Press menyebut dia juga menang di Arkansas dan Minnesota.

Sanders diperkirakan menang di Colorado dan negara bagian asalnya di Vermont. Dia berharap meraih banyak kemenangan agar unggul dalam nominasi Demokrat sebagai calon presiden AS.

Hasil pemilu pendahuluan Demokrat pada Super Tuesday ini akan memberi gambaran siapa yang memiliki peluang terbesar dalam pertarungan menuju Gedung Putih.

Hasil penghitungan awal menunjukkan Sanders unggul tipis dari Biden di Texas, adapun Biden unggul tipis di Massachusetts dan Minnesota.

Miliarder mantan walikota New York Michael Bloomberg harus puas dengan mendapat kemenangan hanya di wilayah American Samoa.

Bloomberg telah mengucurkan lebih dari setengah miliar dolar untuk iklan kampanye. NBC News melaporkan, Bloomberg akan menimbang ulang apakah dia akan tetap mengikuti pertarungan tersebut.

Biden yang merupakan mantan wakil presiden AS mendampingi Barack Obama itu menikmati momentumnya sejak menang di South Carolina pada Sabtu (29/2), dengan mendapat banyak dukungan dari para petinggi partai dan mantan lawan-lawannya.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)