Liga Arab Serukan Gencatan Senjata Segera di Idlib

Minggu, 01 Maret 2020 - 21:02 WIB
Liga Arab Serukan Gencatan Senjata Segera di Idlib
Liga Arab Serukan Gencatan Senjata Segera di Idlib
A A A
KAIRO - Liga Arab menyerukan gencatan senjata segera di barat laut Suriah. Seruan ini datang ditengah terus meningkatnya ketegangan di wilayah Idlib, antara tentara Suriah dan Turki.

"Peningkatan ketegangan militer di Suriah barat laut telah membentuk model pelanggaran terang-terangan terhadap hukum humaniter internasional dan menyebabkan bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan menggusur lebih dari satu juta warga Suriah," kata Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit.

Gheit, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (1/3/2020), mengatakan intervensi pasukan regional dan internasional dalam konflik telah memperburuk situasi.

"Perkembangan terbaru yang dibuat telah membuatnya sulit untuk menemukan solusi damai untuk krisis dan ketegangan juga berdampak negatif terhadap keamanan dan stabilitas di wilayah tersebut," ungkapnya.

Setidaknya 34 tentara Turki tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan udara oleh pasukan rezim Bashar Assad di Idlib, tepat di seberang perbatasan selatan Turki pada Kamis malam.

Wakil Presiden Turki, Fuat Oktay bersumpah akan membalas serangan tersebut. Wakil dari Presiden Recep Tayyip Erdogan ini sesumbar bahwa rezim pemerintah Assad akan membayar mahal atas kematian puluhan tentara Ankara tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)