Saudi Bangun Koridor Udara untuk Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Turki-Suriah

Rabu, 08 Februari 2023 - 08:20 WIB
loading...
Saudi Bangun Koridor Udara untuk Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Turki-Suriah
Saudi Bangun Koridor Udara untuk Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Turki-Suriah. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Penguasa Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada Selasa (7/2/2023) mengarahkan Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief) untuk mengoperasikan koridor udara guna menyediakan berbagai bantuan untuk membantu para korban gempa di Suriah dan Turki.

Menurut pernyataan resmi Saudi Press Agency (SPA), koridor udara itu akan memberikan bantuan kesehatan, tempat berlindung, makanan, dan logistik untuk meringankan dampak gempa bumi terhadap rakyat Suriah dan Turki.



Arahan juga termasuk mengorganisir kampanye melalui platform “Sahem” untuk membantu para korban gempa di kedua negara.

Dr Abdullah bin Abdulaziz al-Rabeeah, penasehat Royal Court dan Pengawas Umum KSrelief, membenarkan bahwa bantuan yang diberikan berasal dari kepedulian Penjaga Dua Masjid Suci dan Putra Mahkota untuk mendukung mereka yang terkena dampak bencana. gempa di Suriah dan Turki, menurut SPA.

Sementara itu, Uni Emirat Arab menjanjikan USD100 juta untuk Suriah dan Turki, salah satu jumlah bantuan terbesar setelah gempa dahsyat yang menewaskan lebih dari 7.000 jiwa di kedua negara.

Negara Teluk – yang telah menjanjikan sekitar USD13,6 juta untuk Suriah – memelopori upaya bantuan regional, setelah mengirim pesawat ke kedua negara dengan barang bantuan dan tim penyelamat setelah gempa berkekuatan 7,8 yang melanda Senin pagi.



“Pada Selasa (7/2/2023), Presiden Emirat Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan memerintahkan pemberian USD$100 juta untuk membantu mereka yang terkena dampak," kata kantor berita resmi Uni Emirat Arab, WAM.

Jumlah itu akan dibagi rata antara Suriah dan Turki, dengan masing-masing mendapatkan USD50 juta, menurut kantor berita tersebut. Belum jelas apakah dana untuk Suriah termasuk USD13,6 juta yang diumumkan sebelumnya.

Mayor Jenderal Saleh al-Ameri, komandan operasi gabungan di kementerian pertahanan UEA, mengatakan, tiga pesawat militer telah dikirim ke Turki, membawa tim pencarian dan penyelamatan yang telah memulai operasi.

“Sebanyak tujuh penerbangan direncanakan ke negara-negara yang dilanda gempa, termasuk dua ke ibu kota Suriah, Damaskus,” kata Al-Ameri.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)