alexametrics

Pertama di Amerika Latin, Brazil Konfirmasi Kasus Virus Corona

loading...
A+ A-
BRASILIA - Sebuah tes yang dilakukan Pemerintah Brazil mengkonfirmasi kasus pertama virus Corona Covid-19. Itu dilakukan setelah sebuah rumah sakit di Sao Paolo memberi isyarat bahwa seorang pria berusia 61 tahun telah terinfeksi virus mematikan itu setelah mengunjungi Italia.

Hasil diagnosis ini muncul selama karnaval liburan di Brazil, momen puncak liburan domestik di mana jutaan orang bersuka ria ke kota-kota besar untuk perayaan pesta jalanan yang meriah.

Kementerian Kesehatan Brazil menolak mengomentari hasil tes sebelum konferensi pers sekitar pukul 11:00 waktu setempat. Sumber yang akrab dengan masalah ini berbicara dengan syarat anonim karena hasilnya belum dipublikasikan.



Kementerian Kesehatan Brazil dalam sebuah pernyataan mengatakan pada Selasa malam bahwa pihaknya sedang menyelidiki kasus seorang warga Sao Paulo yang melakukan perjalanan ke Lombardy, Italia utara, dari 9 Februari hingga 21 Februari dan memiliki gejala yang sesuai dengan virus Corona.

Italia adalah negara Eropa yang paling parah dihantam wabah virus Corona dengan lebih dari 350 kasus infeksi dilaporkan dan 11 orang telah meninggal.

Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo mengatakan bahwa pria itu dinyatakan positif setelah melakukan tes real time PCR pada Senin lalu. Pihak rumah sakit kemudian memberi tahu badan epidemiologi negara bagian Sao Paulo pada hari Selasa.

"Dia tetap dalam kesehatan yang baik dan akan dimonitor secara terpisah selama 14 hari ke depan," kata rumah sakit itu dalam sebuah pernyataan tertulis seperti dikutip dari Reuters, Rabu (25/2/2020).

Badan Sanitasi Brasil, Anvisa, mengatakan telah meminta daftar penumpang pada penerbangan yang sama dengan suspect dari Italia ke Brazil.

Meskipun kasus di Sao Paulo adalah yang pertama di Brazil yang dikonfirmasi sebagai kasus virus Corona baru, negara tersebut telah melacak dugaan kasus virus Covid-19 ketika para pelancong kembali dari Asia dan Eropa.

Kasus yang diduga virus Corona terakhir muncul di negara bagian timur laut Pernambuco, tempat seorang wanita berusia 51 tahun tiba minggu ini dari Italia dengan gejala flu ringan, menurut sekretariat kesehatan negara.

Virus Corona baru diyakini berasal dari pasar yang menjual satwa liar di kota Wuhan, China, akhir tahun lalu. Virus ini telah menginfeksi sekitar 80.000 orang dan menewaskan lebih dari 2.700 di seluruh dunia, sebagian besar di China.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top