Soal Kesepakatan Damai dengan Taliban, Trump: Kita Sudah Sangat Dekat

Jum'at, 14 Februari 2020 - 11:41 WIB
Soal Kesepakatan Damai dengan Taliban, Trump: Kita Sudah Sangat Dekat
Soal Kesepakatan Damai dengan Taliban, Trump: Kita Sudah Sangat Dekat
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump mengatakan kesepakatan damai dengan Taliban semakin dekat. Hal itu diungkapkannya setelah Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengumumkan kesepakatan gencatan senjata dengan kelompok militan Afghanistan itu.

"Saya pikir kita sudah sangat dekat. Saya pikir ada peluang bagus bahwa kita akan memiliki kesepakatan dan kita akan lihat," kata Trump.

"Itu tidak berarti kita akan memiliki kesepakatan itu tetapi kita akan tahu selama dua minggu ke depan," tambahnya seperti dikutip dari AFP, Jumat (14/2/2020).

Sebelumnya Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan kesepakatan pengurangan kekerasan selama tujuh hari di Afghanistan yang memungkinkan mereka mencapai kesepakatan dengan Taliban.

Namun ia tidak mengatakan kapan gencatan senjata akan dimulai, tetapi seoang pejabat Taliban sebelumnya mengatakan bahwa kelompok itu akan memulai pengurangan kekerasan pada hari Jumat.

"Kami telah mengatakan selama ini bahwa solusi terbaik, jika bukan satu-satunya, di Afghanistan adalah kesepakatan politik. Kemajuan telah dibuat di front itu dan kami akan memiliki lebih banyak untuk melaporkan itu segera, saya harap," kata Esper.

"Berdasarkan pandangan kami bahwa tujuh hari untuk saat ini sudah cukup tetapi dalam semua hal pendekatan kami untuk proses ini akan berbasis kondisi, saya akan mengatakannya lagi, berdasarkan kondisi," sambungnya.

"Jadi itu akan menjadi proses evaluatif berkelanjutan saat kita bergerak maju, jika kita maju," ujar Esper.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5910 seconds (0.1#10.140)