Telepon Jokowi, Jinping: China Akan Menang Melawan Virus Corona

Rabu, 12 Februari 2020 - 14:39 WIB
Telepon Jokowi, Jinping: China Akan Menang Melawan Virus Corona
Telepon Jokowi, Jinping: China Akan Menang Melawan Virus Corona
A A A
JAKARTA - Presiden China, Xi Jinping, telah melakukan pembicaraan via telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah upaya negaranya memerangi wabah virus Corona.

Jinping menggambarkan pembicaraannya dengan Jokowi sebagai ungkapan persahabatan dan dukungan dari mitra strategis yang komprehensif. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas kepercayaan dan pengertian.

Dalam kesempatan itu, Jinping menegaskan kembali respons epidemi sebagai prioritas utama pemerintah China saat ini.

"China telah meningkatkan kekuatan institusionalnya dan memulai perang rakyat melawan epidemi. Pemerintah telah mengambil langkah-langkah paling cermat dan teliti, yang membuahkan hasil," kata Jinping seperti dikutip Sindonews dari situs China Embassy.org, Rabu (12/2/2020).

Menurut Jinping orang China adalah bangsa yang tangguh yang muncul menjadi lebih kuat dari berbagai cobaan dan kesengsaraan.

"Semakin besar kesulitan dan tantangan yang dihadapi China, semakin kohesi dan semangat juang yang diperlihatkan bangsa China," cetusnya.

Jinping mengatakan China memiliki kapasitas, kepercayaan diri dan tekad untuk tidak hanya memenangkan kemenangan penuh melawan epidemi virus Corona tetapi juga memenuhi tujuan pembangunan sosial dan ekonomi.

"Kami percaya bahwa China akan menang atas epidemi ini dan muncul lebih kuat dan lebih makmur," tegasnya.

Jinping mencatat bahwa dengan dibimbing oleh visi komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, China memenuhi tanggung jawabnya untuk kehidupan dan kesehatan rakyatnya sendiri dan kesehatan masyarakat global.

Ia juga mengatakan China akan bekerja lebih dekat dengan Indonesia dan negara-negara lain untuk mengatasi epidemi dalam semangat keterbukaan dan transparansi dan menjaga keamanan kesehatan masyarakat regional dan global.

"China akan menjaga dengan baik warga Indonesia dan warga negara asing lainnya di China seperti warganya," ujar Jinping.

Jinping menambahkan sejak awal wabah, Indonesia dan tetangga China lainnya telah memberikan dukungan berharga dalam berbagai cara. Ini adalah bukti solidaritas besar antara tetangga di masa-masa sulit.

Sementara itu Presiden Jokowi menyampaikan simpati kepada pemerintah dan rakyat China.

"Pada saat yang sulit bagi China, Indonesia akan berdiri teguh dengan warga China sebagai mitra yang tulus dan bekerja dengan China untuk memenangkan perang melawan epidemi lebih cepat," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Indonesia telah menyediakan sejumlah pasokan medis ke China dan akan menawarkan lebih banyak bantuan dalam menanggapi kebutuhan China.

Ia juga menegaskan kembali kesiapan Indonesia untuk bekerja dengan China untuk kemajuan Belt and Road Initiative. Dia berbagi keyakinannya bahwa persahabatan Indonesia-China akan muncul lebih kuat setelah ujian wabah epidemi dan akan meningkatkan hubungan bilateral ke skala baru.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5602 seconds (0.1#10.140)