Demonstran Iran Kembali Turun ke Jalan di Hari Ketiga Protes

Selasa, 14 Januari 2020 - 05:01 WIB
Demonstran Iran Kembali Turun ke Jalan di Hari Ketiga Protes
Demonstran Iran Kembali Turun ke Jalan di Hari Ketiga Protes
A A A
TEHERAN - Demonstran kembali ke jalanan Iran untuk hari ketiga pada Senin (13/1) waktu setempat. Mereka mengungkapkan kemarahan pada pengakuan pemerintah yang menembak jatuh pesawat penumpang secara tidak sengaja saat konfrontasi dengan Amerika Serikat (AS).

Video dari Iran menunjukkan polisi antihuru-hara dan demonstran turun ke jalan setelah dua hari kerusuhan saat unjuk rasa anti-pemerintah. Sejumlah gambar menunjukkan demonstran meneriakkan slogan-slogan menentang pemimpin tertinggi, dengan genangan darah di jalanan dan tembakan di udara.

Otoritas menyangkal tuduhan bahwa polisi melepas tembakan peluru tajam. Adapun Presiden AS Donald Trump melempar tweet, "Jangan bunuh demonstran kalian."

Unjuk rasa di dalam negeri menentang para penguasa Iran itu menjadi bagian dari ekskalasi ketegangan antara AS dan Iran sejak revolusi Iran 1979.

Teheran mengakui menembak jatuh pesawat Ukraina secara tidak sengaja pada Rabu (8/1) hingga menewaskan 176 orang, beberapa saat setelah Iran menembakkan rudal ke pangkalan AS di Irak.

Rakyat Iran marah karena selama beberapa hari sebelumnya pemerintah Iran menyangkal sebagai penyebab kecelakaan pesawat itu. Unjuk rasa segera muncul pada Sabtu (11/1) saat militer mengakui bertanggung jawab atas tragedi itu.

Video-video yang diunggah di internet pada Minggu (12/1) merekam bunyi tembakan saat unjuk rasa di Lapangan Azadi, Teheran. Sejumlah korban terluka dibawa dan aparat keamanan tampak berlarian dengan senapan. Posting lain menunjukkan polisi memukuli demonstran dengan tongkat saat orang di dekatnya berteriak, "Jangan pukuli mereka!"

Pemerintah menyangkal telah menembaki demonstran. "Saat protes, polisi mutlak tidak menembak karena polisi telah diperintah untuk menahan diri," ungkap Hossein Rahimi, kepala kepolisian Teheran.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9520 seconds (0.1#10.140)
pixels