Milisi Irak Serukan Serangan 'Lone Wolf' terhadap Pasukan AS

Sabtu, 11 Januari 2020 - 05:42 WIB
Milisi Irak Serukan Serangan Lone Wolf terhadap Pasukan AS
Milisi Irak Serukan Serangan 'Lone Wolf' terhadap Pasukan AS
A A A
BAGHDAD - Kelompok milisi Irak yang beraliansi dengan Iran mengatakan "pintu jihad" telah dibuka terhadap pasukan Amerika Serikat (AS) di negara itu. Kelompok itu pun menyerukan para pendukunganya untuk melakukan serangan "lone wolf" ala ISIS terhadap aset AS di seluruh wilayah.

Arahan itu diberikan dalam pesan yang diposting oleh Brigade Hizbullah Irak kepada para pengikutnya, menurut pemantau aktivitas kelompok teroris di Timur Tengah SITE Intelligence Group.

“Abu Ali al-Askari, kepala keamanan Brigade Hizbullah Irak, menekankan 'pintu jihad' terhadap Pasukan AS di Irak terbuka dan, menggemakan seruan lone wolf ISIS, menuntut semua jihadis di dalam dan di luar Irak melakukan operasi sesuai jalanmu dan lakukan tugasmu," kata Direktur SITE Rita Katz dalam sebuah tweet yang dilansir dari Washington Times, Sabtu (11/1/2019).

Brigade Hizbullah Irak adalah kelompok yang berada di balik serangan roket terhadap sejumlah posisi AS di Irak yang menewaskan seorang kontraktor Amerika dan melukai beberapa tentara.

Insiden ini kemudian memicu serangkaian peristiwa yang mengguncang Irak. Peristiwa itu meliputi serangan balasan AS, protes keras di Kedutaan Besar AS di Baghdad, pembunuhan AS atas Jenderal Iran Qassem Soleimani dan serangan rudal Iran minggu ini terhadap pangkalan-pangkalan Irak yang menampung pasukan AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6058 seconds (0.1#10.140)