Wakil Menhan Saudi Bertemu Penguasa Oman di Muscat

Selasa, 12 November 2019 - 13:01 WIB
Wakil Menhan Saudi Bertemu Penguasa Oman di Muscat
Wakil Menhan Saudi Bertemu Penguasa Oman di Muscat
A A A
RIYADH - Wakil Menteri Pertahanan (Menhan) Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman mengunjungi Oman dan bertemu Pemimpin Oman Sultan Qaboos. Pertemuan berlangsung setelah kesepakatan menghentikan pertarungan kekuasaan di selatan Yaman.

"Pangeran Khalid akan bertemu beberapa pejabat Oman untuk membahas hubungan bilateral serta keamanan regional dan stabilitas," ungkap pernyataan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Saudi.

Kedua pihak tidak menyebut Yaman yang Saudi terlibat dalam konflik di sana. Saudi mendukung pemerintahan Yaman yang diakui internasional dan melawan gerakan Houthi yang didukung Iran.

Oman lebih banyak bersikap netral tapi menjadi tuan rumah perundingan untuk menyelesaikan konflik. Oman juga menggunakan hubungan baiknya dengan Houthi dan Iran untuk mediasi dengan Saudi dan Amerika Serikat (AS).

Kesepakatan yang ditandatangani pekan lalu antara pemerintahan yang didukung Saudi dan separatis di wilayah selatan, dipuji oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman sebagai langkah menuju solusi politik lebih luas untuk menghentikan konflik.

Saudi menjadi pemain utama di kawasan dan ingin memperkuat pengaruhnya di Timur Tengah. Meski demikian, Saudi harus menghadapi pengaruh Iran yang semakin meluas di sejumlah negara, mulai dari Suriah, Yaman, hingga Irak. Saudi dan aliansinya melancarkan perang di Yaman untuk melawan Houthi yang didukung Iran.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)
pixels