AS Berencana Perkuat Kehadiran Militer di Indo-Pasifik

Jum'at, 01 November 2019 - 18:06 WIB
AS Berencana Perkuat Kehadiran Militer di Indo-Pasifik
AS Berencana Perkuat Kehadiran Militer di Indo-Pasifik
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper menuturkan, Washington berencana untuk memperkuat kehadirannya di kawasan Indo-Pasifik. Esper menuturkan, salah satu langkah yang diambil adalah dengan memindahkan pasukan militernya ke wilayah itu.

Berbicara saat melakukan konferensi pers dengan Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynolds di Washington, Esper menuturkan, berdasarkan Strategi Pertahanan Nasional AS, Washington harus lebih banyak terlibat di kawasan Indo-Pasifik.

"Saya tahu, seperti yang saya lihat, salah satu tantangan terbesar yang saya hadapi di kantor adalah untuk mengimplementasikan Strategi Pertahanan Nasional kami," kata Esper, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (1/11/2019).

"Strategi Pertahanan Nasional kami menekankan bahwa perhatian utama kami adalah wilayah Indo-Pasifik, dan untuk mengimplementasikannya, harus terlibat lebih banyak, saya perlu memindahkan pasukan ke daerah itu. Saya harus lebih hadir di wilayah ini," sambungnya.

Ketika ditanya apakah AS dan Australia akan bekerja sama lebih dekat dalam menghadapi China kegiatan yang berkembang di wilayah tersebut. Esper menunjukkan bahwa strategi AS adalah untuk menambah lebih banyak mitra dan memperkuat aliansi di wilayah tersebut.

Dia lalu mencatat bahwa perjalanan luar negerinya yang pertama setelah dilantik sebagai Menteri Pertahanan AS adalah ke Australia dan menekankan bahwa wilayah Indo-Pasifik adalah wilayah prioritas untuk AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5524 seconds (0.1#10.140)