Serbia Beri Kewarganegaraan Eks PM Cantik Thailand yang Buron

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 00:49 WIB
Serbia Beri Kewarganegaraan Eks PM Cantik Thailand yang Buron
Serbia Beri Kewarganegaraan Eks PM Cantik Thailand yang Buron
A A A
BEOGRAD - Pemerintah Serbia telah memberikan kewarganegaraan kepada mantan Perdana Menteri (PM) (PM) Thailand Yingluck Shinawatra yang melarikan diri dari negaranya sejak 2017. Mantan PM berparas cantik ini buron untuk menghindari hukuman penjara atas tuduhan korupsi.

Yingluck, 52, saat ini dilaporkan pergi ke Dubai dan bergabung dengan kakaknya Thaksin Shinawatra. Thaksin sendiri juga mantan PM Thailand yang melarikan diri pada 2006 untuk menghindari hukuman penjara karena korupsi.

Pemerintah Serbia memutuskan untuk memberikan kewarganegaraan kepada Yingluck pada 27 Juni. "Sesuai ketentuan hukum bahwa warga negara asing juga dapat diberikan kewarganegaraan Serbia jika itu sesuai dengan kepentingan negara," bunyi kutipan keputusan pemerintah Serbia soal pemberian kewarganegaraan tersebut, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (9/8/2019).

Pemberitahuan Lembaran Resmi tentang keputusan itu dipublikasikan di media lokal pada hari Kamis tanpa ada penjelasan lebih lanjut.

Pejabat Serbia, diplomat Thailand di Beograd dan keluarga Shinwatra tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Yingluck, yang keluarganya mendominasi politik Thailand selama lebih dari 15 tahun, telah mengaku tidak bersalah atas tuduhan terkait kebijakan pembelian beras yang dia terapkan setelah mengambil alih kekuasaan sebagai perdana menteri perempuan pertama negara itu pada tahun 2011. Dia menghadapi hukuman 10 tahun penjara jika terbukti bersalah.

Pada 2010, Thaksin diberikan kewarganegaraan kehormatan oleh Montenegro.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8029 seconds (0.1#10.140)