Sanders: Perang dengan Iran akan Lebih Buruk Dibanding Perang Irak

Rabu, 15 Mei 2019 - 20:23 WIB
Sanders: Perang dengan Iran akan Lebih Buruk Dibanding Perang Irak
Sanders: Perang dengan Iran akan Lebih Buruk Dibanding Perang Irak
A A A
WASHINGTON - Senator Amerika Serikat (AS), Bernie Sanders mengatakan, perang dengan Iran akan berkali-kali lebih buruk daripada Perang Irak. Pernyataan ini datang di tengah terus meningkatnya ketegangan AS dan Iran. Saat ini, AS sudah mengirimkan kapal induk, bomber, dan rudal patriot ke Timur Tengah.

Pria yang akan mencalonkan diri sebagai Presiden AS dalam pemilihan umum berikutnya itu mengatakan, AS telah membuat kesalahan yang sangat buruk dengan menyerang Irak 16 tahun lalu. Saat ini, lanjut Sanders, AS mungkin melakukan kesalahan yang sama dengan menyerang Iran.

"16 tahun yang lalu, AS melakukan salah satu kesalahan terburuk dalam sejarah negara kita dengan menyerang Irak. Sekarang, berdasarkan bencana yang dia bantu bawa di Irak, tampaknya John Bolton menginginkan perang di Irak. Menurut saya, perang di Iran akan jauh lebih buruk daripada Perang Irak," kata Sanders.

Sanders, seperti dilansir PressTV pada Rabu (15/5), kemudian mengatakan bahwa dia sedang dalam proses membangun koalisi di Kongres untuk memaksa Presiden AS, Donald Trump meminta otorisasi kepada Kongres jika dia memutuskan untuk berperang dengan Iran.

"Saya bekerja keras untuk melihat apakah kita bisa mendapatkan 51 anggota Senat AS, serta mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat untuk menjelaskan bahwa sebelum presiden mengambil tindakan militer di Iran atau di tempat lain, dia harus meminta izin dari Kongres," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6916 seconds (0.1#10.140)