Kapten Mabuk, Kapal Kargo Rusia Tabrak Jembatan Korea Selatan

Jum'at, 01 Maret 2019 - 13:55 WIB
Kapten Mabuk, Kapal...
Kapten Mabuk, Kapal Kargo Rusia Tabrak Jembatan Korea Selatan
A A A
SEOUL - Sebuah kapal kargo Rusia keluar dari jalurnya dan menabrak sebuah jembatan di lepas pantai tenggara Korea Selatan pada hari Kamis. Menurut pihak berwenang Seoul, kapten kapal itu sedang dalam kondisi mabuk.

Korea Coast Guard (KCG) atau Penjaga Pantai Korea mengatakan kapal Seagrand berkapasitas 5.998 ton berlayar ke sisi Jembatan Gwangan sekitar pukul 16.20 sebelum putar balik dengan arah yang berlawanan.

Menurut KCG, kecelakaan itu menyebabkan kerusakan pada bagian bawah jembatan. Namun, tidak ada korban cedera yang dilaporkan. Saat ini, bagian bawah jembatan ditutup karena alasan kehati-hatian.

KCG menangkap kapal dan menginterogasi awaknya. Kapten kapal Rusia, yang identitasnya belum dirilis, memiliki kandungan alkohol 0,086 persen di dalam darahnya. Batas kandungan alkohol yang diperbolehkan hukum di Korea Selatan adalah 0,03 persen.

Seorang pejabat KCG yang berbicara dalam kondisi anonim seperti dikutip Korea Herald, Jumat (1/3/2019), mengatakan mengonsumsi alkohol di atas kapal tidak dapat dihukum selama orang tersebut tidak mengarahkan kapal. Pejabat itu menambahkan belum jelas apakah kapten Rusia berada di pucuk pimpinan awak pada saat kecelakaan itu terjadi.

Pihak berwenang juga berusaha untuk menentukan mengapa kapal itu menuju ke jembatan, padahal seharusnya kapal berada di arah yang berlawanan.

KCG mengatakan kapal Seagrand tiba di Busan sekitar pukul 09.00 pagi hari Rabu dan menurunkan 1.495 ton pipa besi. Kapal itu menuju Vladivostok, Rusia, pada hari Kamis, dengan membawa 1.415 ton gulungan baja.

Pihak berwenang mengatakan Seagrand juga menabrak kapal pesiar yang ditambatkan di pelabuhan yang sama sekitar 40 menit sebelum kapal itu menghantam jembatan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)