Pakistan Tunjukkan Pilot India Ditangkap dan Berlumuran Darah

Kamis, 28 Februari 2019 - 11:42 WIB
Pakistan Tunjukkan Pilot India Ditangkap dan Berlumuran Darah
Pakistan Tunjukkan Pilot India Ditangkap dan Berlumuran Darah
A A A
ISLAMABAD - Media pemerintah Pakistan merilis sebuah video yang memperlihatkan seorang pilot pesawat jet tempur India yang ditangkap setelah jetnya ditembak jatuh ketika memasuki wilayah udara Pakistan di Kashmir. Kondisi pilot tersebut berlumur darah saat diperlihatkan.

Dua sumber keamanan Pakistan mengatakan kepada AFP, Kamis (28/2/2019) bahwa video itu asli. Pilot tersebut diidentifikasi bernama Abhi Nandan.

Video itu menunjukkan pilot India yang masih mengenakan seragam Angkatan Undara ditutup matanya dan tangannya diikat ke belakang. Wajahnya berlumuran darah ketika seorang prajurit Pakistan menginterogasinya.

Dia memberikan nama, pangkat dan nomor seri dan ketika ditekan untuk memberikan informasi lebih lanjut pilot itu mengatakan; "Saya tidak seharusnya memberitahu Anda."

Beberapa jam kemudian, militer Pakistan juga merilis video yang memperlihatkan pilot yang sama. Pilot India itu terlihat duduk di sebuah ruangan di lokasi yang tidak diketahui sambil minum secangkir teh.

"Tehnya luar biasa," katanya dalam bahasa Inggris. Dalam video itu dia mengaku sudah menikah dan diperlakukan dengan baik. Namun, dia dengan sopan menolak untuk menjawab pertanyaan lebih lanjut.

Baik Pakistan dan India Rabu mengklaim mereka telah menembak jatuh jet tempur satu sama lain ketika ketegangan di Kashmir meningkat secara dramatis.

Islamabad mengatakan pihaknya menjatuhkan dua jet tempur India setelah menyeberang wilayah udaranya dan menangkap dua pilot. Namun, Islamabad bersikeras tidak ingin berperang dengan New Delhi.

Juru bicara militer Pakistan Mayor Jenderal Asif Ghafoor mengatakan salah satu pesawat India yang ditembak telah jatuh di Kashmir yang dikuasai Pakistan. Sedangkan satunya jatuh di wilayah Kashmir India.

Dia mengatakan salah satu pilot yang ditangkap berada dalam tahanan dan yang lainnya dirawat di rumah sakit.

Kementerian luar negeri India mengaklaim hanya satu dari pesawatnya yang ditembak jatuh.

"Dalam hal ini, kami sayangnya kehilangan satu Mig-21. Pilot tidak ada dalam aksi. Pakistan telah mengklaim bahwa ia (pilot) dalam tahanan mereka," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India Rajeesh Kumar.

Dia juga mengatakan jet tempur Pakistan juga telah ditembak jatuh oleh pasukan India. Namun, Pakistan membantah bahwa salah satu pesawatnya telah jatuh.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6080 seconds (0.1#10.140)