Rusia Pertimbangkan Proposal AS Soal Perjanjian Pengganti INF

Kamis, 07 Februari 2019 - 18:54 WIB
Rusia Pertimbangkan Proposal AS Soal Perjanjian Pengganti INF
Rusia Pertimbangkan Proposal AS Soal Perjanjian Pengganti INF
A A A
MOSKOW - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia , Sergei Ryabkov mengatakan, Rusia akan siap untuk mempertimbangkan proposal baru dari Amerika Serikat (AS) untuk menggantikan Perjanjian INF dengan perjanjian yang lebih luas, yang melibatkan lebih banyak negara.

Presiden AS, Donald Trump dalam pidato "State of the Union" mengatakan, Washington siap mempertimbangkan kemungkinan penandatanganan perjanjian untuk menggantikan Perjanjian INF, dengan lebih banyak peserta di dalamnya.

"Kami tentu saja melihat referensi dalam pernyataan presiden Trump tentang kemungkinan perjanjian baru yang dapat ditandatangani di ruangan yang indah dan bahwa perjanjian ini juga harus mencakup negara-negara lain sebagai pesertanya," kata Ryabkov, seperti dilansir Reuters pada Kamis (7/2).

"Kami menantikan proposal ini dibuat konkret dan diletakkan di atas kertas atau dengan cara lain," sambungnya dan mengatakan AS belum mengirim Moskow proposal konkret mengenai perjanjian baru pengganti INF.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan Rusia telah menyampaikan sejumlah inisiatif kepada AS terkait hal ini. Namun, dia menyebut Washington tidak pernah merespon proposal yang diajukan oleh Moskow.

"Karena tidak ada respons, Presiden Rusia, Vladimir Putin mengeluarkan instruksi kepada saya dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu untuk menunggu sampai mitra Barat kami siap untuk menanggapi proposal yang telah dikirim kepada mereka sejak lama," ucap Lavrov.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6293 seconds (0.1#10.140)