Prancis Kecam Upaya Kudeta Gagal di Gabon

Senin, 07 Januari 2019 - 23:36 WIB
Prancis Kecam Upaya Kudeta Gagal di Gabon
Prancis Kecam Upaya Kudeta Gagal di Gabon
A A A
PARIS - Prancis mengutuk percobaan kudeta Gabon, yang tidak lain adalah mantan koloni Paris. Prancis juga meminta warganya di Ibu Kota Gabon, Libreville untuk menghindari untuk melakukan kegiatan di sekitar kota.

"Kami mengutuk segala upaya untuk mengubah pemerintah di luar aturan konstitusi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis, Agnes von der Muhll dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (7/1).

"Stabilitas Gabon hanya dapat dipastikan sesuai dengan ketentuan konstitusinya. Kami meminta 8.900 warga Prancis yang terdaftar di negara itu untuk menghindari bergerak di sekitar Libreville," sambungnya.

Sebelumnya diwartakan, Pemerintah Gabon mengatakan bahwa mereka telah berhasil menggagalkan upaya keduta di negara mereka. Pengumuman kudeta sempat disampaikan oleh sejumlah tentara yang menyabotase stasiun radio negara.

Juru bicara pemerintah Gabon, Guy-Bertran Mapangou dalam sebuah konferensi pers mengatakan bahwa tentara yang secara singkat mengambil alih radio nasional saat ini telah berhasil diamankan.

Mapangou kemudian mengatakan saat ini stuasi sudah kembali terkendali. Dia juga mengatakan Presiden Ali Bongo Ondimba telah pulih dari stroke setelah menjalani perawatan luar negeri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3011 seconds (0.1#10.140)