Belum Lama Dilantik, Gubernur Meksiko Tewas dalam Kecelakaan Udara

Selasa, 25 Desember 2018 - 10:23 WIB
Belum Lama Dilantik, Gubernur Meksiko Tewas dalam Kecelakaan Udara
Belum Lama Dilantik, Gubernur Meksiko Tewas dalam Kecelakaan Udara
A A A
MEXICO CITY - Gubernur negara bagian Puebla pusat Meksiko, Martha Erika Alonso, tewas dalam sebuah kecelakaan udara. Alonso tewas hanya beberapa hari setelah dilantik bersama suaminya yang juga merupakan seorang senator Rafael Moreno Valle.

Laporan mengatakan kecelakaan tersebut terjadi pada Senin waktu setempat tak lama setelah pesawat - diyakini helikopter - lepas landas dari Ibu Kota negara bagian Puebla seperti dikutip dari BBC, Selasa (25/12/2018).

Alonso (45) menjadi gubernur wanita pertama di Puebla setelah terlibat pertarungan sengit dalam pemilu. Ia adalah anggota partai kanan-tengah PAN.

Kematiannya dikonfirmasi oleh Presiden baru Meksiko, Andrés Manuel López Obrador.

Dalam sebuah tweet (dalam bahasa Spanyol), Presiden Lopez Obrador menyatakan "belasungkawa terdalam" kepada kerabat kedua politisi tersebut. Dia mengatakan penyelidikan akan diluncurkan untuk mengetahui "kebenaran" apa yang menyebabkan kecelakaan itu.

Belum diketahui apakah pilot helikopter itu juga tewas dalam kecelakaan di dekat Puebla, kota terbesar kedua di Meksiko.

Alonso mulai menjabat pada 14 Desember, menang tipis dalam pemilihan bulan Juli dari Manuel Barbosa, kandidat favorit Presiden Lopez Obrador untuk jabatan gubernur salah satu negara bagian terpadat di Meksiko.

Partai Presiden Lopez Obrador menuduh telah terjadi penyimpangan dan kecurangan yang tersebar luas dalam pemilihan itu, dan hasil akhirnya harus disahkan oleh pengadilan pemilihan.

Barbosa mengatakan kematian Alonso dan Moreno Valle adalah tragedi yang tidak diinginkan oleh siapa pun.

"Saya kaget dan berduka. Simpati saya kepada orang-orang yang mereka cintai. Ini bukan waktunya untuk membuat spekulasi," tambah Barbosa.

Suami Alonso, Moreno Valle juga pernah menjabat sebagai gubernur Puebla antara 2011 dan 2017.

Parlemen Puebla sekarang harus menunjuk gubernur sementara sampai pemilihan baru diadakan.

Kecelakaan hari Senin terjadi setelah sejumlah kematian penting dalam kecelakaan helikopter selama bertahun-tahun di Meksiko, termasuk Menteri Dalam Negeri Francisco Blake Mora pada tahun 2011.

Awal tahun ini, 13 orang tewas ketika helikopter menteri menabrak kerumunan, meskipun menteri itu sendiri selamat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7171 seconds (0.1#10.140)