Saudi Bentuk Badan untuk Reformasi Layanan Intelijen

Jum'at, 21 Desember 2018 - 18:41 WIB
Saudi Bentuk Badan untuk Reformasi Layanan Intelijen
Saudi Bentuk Badan untuk Reformasi Layanan Intelijen
A A A
RIYADH - Sebuah komite khusus untuk mereformasi layanan intelijen Arab Saudi dalam menanggapi pembunuhan Jamal Khashoggi telah menyetujui serangkaian solusi mendesak. Komite itu memutuskan untuk membentuk sebuah badan baru, untuk membantu proses reformasi intelijen.

Komite yang diketuai oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman menyetujui pembentukan departemen strategi danpengembangan untuk memastikan operasi sejalan dengan strategi Umum Kepresidenan dan Strategi Keamanan Nasional.

Melansir Arab News pada Jumat (21/12), departemen itu akan meninjau operasi intelijen dan memastikan mereka mematuhi hukum internasional dan hak asasi manusia. Sebuah badan juga akan dibentuk untuk mengevaluasi dan meninjau operasi intelijen.

Menurut komite itu, agen intelijen yang kompeten untuk sebuah operasi sekarang akan dipilih langsung oleh komite kegiatan intelijen, yang juga akan meninjau setiap operasi yang dilakukan.

Restrukturisasi ini sendiri diperintahkan langsung oleh pemimpin Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz al-Sauadi setelah pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi pada bulan Oktober lalu di Konsulat di Istanbul.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4345 seconds (0.1#10.140)