AS: Otoritas Palestina Harus Terlibat Dalam Dialog Damai Gaza

Kamis, 30 Agustus 2018 - 19:55 WIB
AS: Otoritas Palestina...
AS: Otoritas Palestina Harus Terlibat Dalam Dialog Damai Gaza
A A A
WASHINGTON - Utusan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Perdamaian Timur Tengah, Jason Greenblatt menyatakan, pihaknya mendukung upaya Mesir guna membantu memfasilitasi kesepakatan untuk memulihkan ketenangan di Gaza. Ia juga berharap langkah ini dapat membawa kondisi positif bagi Otoritas Palestina untuk sepenuhnya bertanggung jawab di Gaza.

Greenbaltt menuturkan, Otoritas Palestina harus terlibat dalam dalam dialog damai di Gaza. Karena menurutnya, jika Otoritas Palestina tidak turun tangan, maka akan ada pihak lain yang mengambil posisi itu.

"Otoritas Palestina tidak bisa mengkritik dari pinggir lapangan. Otoritas Palestina harus menjadi bagian dari solusi bagi Palestina di Gaza dan Palestina secara keseluruhan. Jika tidak, orang lain akan mengisi kekosongan itu," kata Greenblatt.

"Sudah waktunya bagi Otoritas Palestina untuk memimpin rakyat Palestina, semua orang Palestina, ke masa depan yang lebih baik," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (30/8).

Beberapa hari lalu Mesir menjadi tuan rumah pertemuan faksi-faksi di Palestina untuk membahas proses rekonsiliasi di negara tersebut. Namun sayangnya, salah satu faksi terbesar, yakni Fatah, yang saat ini mengusasi pemerintahan, tidak hadir dalam pertemuan tersebut.

Dukungan Fatah dinilai sangat penting untuk kesepakatan apa pun, karena faksi ini juga memiliki pengaruh yang cukup besar di Jalur Gaza, yang dikuasai Hamas dan memiliki kontrol menyeluruh di wilayah Tepi Barat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0629 seconds (0.1#10.140)