Scott Morrison Jadi PM Australia, Indonesia Ucapkan Selamat

Sabtu, 25 Agustus 2018 - 00:05 WIB
Scott Morrison Jadi...
Scott Morrison Jadi PM Australia, Indonesia Ucapkan Selamat
A A A
JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia menyambut baik transisi kepemimpinan Australia. Scott John Morrison terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Australia menggantikan Malcolm Turnbull.

Morrison resmi terpilih sebagai pemimpin Partai Liberal sejak Jumat (24/8/2018). Australia saat ini dikuasai Partai Liberal, di mana pemimpin partai tersebut otomatis menjadi perdana menteri.

Sekadar diketahui, Malcolm Bligh Turnbull menjadi pemimpin Partai Liberal dari 2015 hingga 2018. Terpilihnya Morrison praktis membuat Turnbull lengser sebagai PM Australia.

"Indonesia mengucapkan selamat kepada Scott Morrison atas terpilihnya sebagai Perdana Menteri Australia yang baru," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima SINDOnews.

Pemerintah Indonesia siap memajukan hubungan dengan Australia di bawah kepemimpinan Morrison.

"Sebagai negara tetangga yang dekat, Indonesia percaya Perdana Menteri Scott Morrison memiliki komitmen yang tinggi untuk terus memajukan hubungan bilateral yang saling menguntungkan, bagi Indonesia dan Australia," lanjut kementerian tersebut.

"Bersama Pemerintah Australia yang baru, Indonesia siap untuk mengintensifkan kerja sama kemitraan komprehensif Indonesia-Australia, untuk kesejahteraan rakyat kedua negara dan kawasan," imbuh Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Sebelumnya, Morrison adalah Menteri Keuangan Australia di bawah kepemimpinan PM Turnbull. Morrison memenangkan pemungutan suara Partai Liberal, dengan mengalahkan mantan menteri dalam negeri Peter Dutton dan Menteri Luar Negeri Julie Bishop.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8969 seconds (0.1#10.140)