Jet Tempur Swedia Dijatuhkan Burung, Rusia 'Disalahkan'

Rabu, 22 Agustus 2018 - 00:18 WIB
Jet Tempur Swedia Dijatuhkan Burung, Rusia Disalahkan
Jet Tempur Swedia Dijatuhkan Burung, Rusia 'Disalahkan'
A A A
STOCKHOLM - Jatuhnya sebuah pesawat jet tempur Swedia setelah bertabrakan dengan kawanan burung memicu ledekan dari para pengguna media sosial. Para netizen bercanda dengan menyalahkan Rusia terlibat dalam insiden tak terduga itu.

Pesawat tempur JAS Gripen jatuh pada Selasa di dekat kota Ronneby di Swedia selatan. Pilotnya dilaporkan berhasil keluar dengan aman.

Swedia selama ini dikenal kerap menunjuk jari ke Moskow setiap kali ada insiden militer. Ketika ada penampakan kapal selam misterius di kawasan pantainya, negara itu menuduh kapal selam tersebut milik militer Moskow yang melakukan misi spionase.

"Burung-burung menjatuhkan jet tempur Swedia. Para ornitologist Rusia tersangka," canda pengguna akun Facebook, Fil Jeckyll.

"Pasti burung rusia. Orang-orang Rusia yang sial itu!," canda pengguna Facebook lainnya, Michael Schafer.

Pengguna akun Issyam Amirah berkomentar; "Mungkin burung peliharaan Putin". Selanjutnya, pengguna akun Стеoан Мусиh menulis;"Rusia membajak burung-burung itu. Agresi Rusia. Burung-burung harus diberi sanksi."

Angkatan Bersenjata Swedia mengonfirmasi bahwa salah satu jet JAS Gripen-nya jatuh setelah serangan tak terduga dari sekelompok burung.

“Pilot itu keluar dan dia rupanya melambaikan tangan ke helikopter penyelamat dan tampaknya dia baik-baik saja. Kami tidak tahu banyak lagi saat ini," kata juru bicara Angkatan Bersenjata Swedia, Johan Lundberg, kepada kantor berita TT, Selasa (21/8/2018) malam.

Meski tidak mengalami luka serius, pilot tersebut tetap dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Tak ada orang lain yang terluka dalam insiden tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3126 seconds (0.1#10.140)