Swedia Tanda Tangani Surat Permohonan Resmi Bergabung NATO

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:01 WIB
loading...
Swedia Tanda Tangani Surat Permohonan Resmi Bergabung NATO
Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde menandatangani permintaan resmi kepada NATO untuk menerima negara itu sebagai anggota pada 17 Mei 2022. Foto/Global Look Press/Keystone Press Agency/Henrik Montgomery
A A A
STOCKHOLM - Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde menandatangani permintaan resmi kepada NATO untuk menerima negara itu sebagai anggota.

Misi diplomatik Swedia untuk NATO melaporkan hal itu pada Selasa (17/5/2022). Pemerintah membuat keputusan satu hari sebelumnya.

Linde mengatakan penandatanganan aplikasi itu “terasa besar dan serius” dalam hal signifikansi bersejarah dari langkah tersebut.



Swedia telah mempertahankan netralitas militer sejak Perang Napoleon, dan tidak bergabung dengan NATO selama Perang Dingin.



Linde mengatakan aplikasi itu akan diajukan ke NATO bersama dengan tawaran serupa dari Helsinki.

Finlandia juga mempertahankan netralitas selama Perang Dingin, tetapi memutuskan mencari keanggotaan NATO setelah Rusia menyerang Ukraina awal tahun ini.

Moskow mengatakan keamanan nasional kedua negara Nordik akan dikompromikan daripada dilayani oleh langkah itu, karena Rusia akan menyesuaikan kembali postur militernya.

Rusia percaya NATO menjadi organisasi bermusuhan yang memajukan kepentingan Amerika Serikat (AS).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)