Indonesia-Papua Nugini Sepakat Bangun Wilayah Perbatasan

Kamis, 19 Juli 2018 - 23:19 WIB
Indonesia-Papua Nugini Sepakat Bangun Wilayah Perbatasan
Indonesia-Papua Nugini Sepakat Bangun Wilayah Perbatasan
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Papua Nugini sepakat untuk melakukan kerja sama untuk membangun kawasan perbatasan kedua negara. Kesepakatan itu tercapai saat terjadi pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Rimbink Pato.

Retno menuturkan, Indonesia dan Papua Nugini sudah tidak lagi memiliki masalah di perbatasan. Ia mengatakan kerja sama ini juga dibutuhkan untuk mencegah kejahatan lintas batas.

"Kedua belah pihak juga perlu meningkatkan kerja sama dalam rangka melawan kejahatan lintas batas yang teroganisir yang biasanya juga menggunakan perbatasan-perbatasan tersebut," ucap Retno, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Ia kemudian mengatakan selain untuk memberantas kriminalisme di perbatasan, kedua negara juga akan melakukan kerja sama untuk mengembangkan perekonomian di kawasan perbatasan.

"Papua Nugini dan kita sudah tidak punya masalah perbatasan. Namun kita punya kerja sama banyak untuk mengembangkan perbatasan itu, untuk kepentingan ekonomi rakyat yang tinggal di perbatasan kedua negara tersebut," ungkapnya.

Diplomat senior Indonesia itu menyatakan perlu adanya sebuah mekanisme dan diskusi lebih lanjut untuk memastikan lancarnya kegiatan perekonomian warga, barang dan pembangunan di wilayah perbatasan kedua belah pihak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3117 seconds (0.1#10.140)