Kolombia Tangkap Algojo Escobar Berjuluk 'Popeye'

Sabtu, 26 Mei 2018 - 06:41 WIB
Kolombia Tangkap Algojo Escobar Berjuluk Popeye
Kolombia Tangkap Algojo Escobar Berjuluk 'Popeye'
A A A
BOGOTA - Polisi di Kolombia mengatakan mereka telah menangkap salah satu algojo terkenal bandar narkoba Pablo Escobar. Jhon Jairo Velasquez alias "Popeye" telah lama jadi buruan polisi Kolombia karena aksi pemerasan.

Popeye (56) yang dibebaskan dari penjara pada 2014 setelah 23 tahun, tengah diselidiki karena diduga membuat ancaman di akun Twitter-nya terhadap Gustavo Petro, kandidat presiden dari kelompok sayap kiri dalam pemilu pada hari Minggu.

"Namun dia ditangkap karena pemerasan," ujar sumber di kantor jaksa khusus yang bertugas memerangi kejahatan terorganisasi seperti dikutip dari AFP, Sabtu (26/5/2018).

Popeye adalah salah satu kepala "sicario" Escobar atau pembunuh bayaran selama periode paling berdarah dari kekuasaan kartel Medellin pada tahun 1980-an.

Namun ia berpisah dengan Kartel pada tahun 1992. Escobar tewas dalam baku tembak di atap dengan polisi di Medellin pada tahun berikutnya.

Sejak meninggalkan penjara, Popeye sangat aktif di media sosial.

Seorang senator sayap kiri, Ivan Cepeda, memberi tahu polisi tentang pesan-pesan ancaman yang dikirimkan ke Petro dan para pendukungnya.

"Kami menerima pengaduan resmi dalam kasus ini dan meluncurkan penyelidikan," kata kepala jaksa Nestor Humberto Martinez.

Namun Popeye mengatakan bahwa akun Twitter-nya telah diretas.
(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0879 seconds (10.177#12.26)