Pangeran Saudi Gagal Tunjukkan Bukti Sumbang Rp9,2 T ke Najib Razak

Selasa, 22 Mei 2018 - 16:32 WIB
Pangeran Saudi Gagal Tunjukkan Bukti Sumbang Rp9,2 T ke Najib Razak
Pangeran Saudi Gagal Tunjukkan Bukti Sumbang Rp9,2 T ke Najib Razak
A A A
PUTRAJAYA - Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) telah mendatangi sesosok pangeran Arab Saudi yang diklaim menyumbang RM2,6 miliar atau sekitar Rp9,2 triliun ke mantan Perdana Menteri Najib Razak. Namun, pangeran tersebut gagal menunjukkan bukti telah menyumbang uang sebesar itu.

Pada tahun 2015, Najib yang saat itu berkuasa menerima dana misterius sebesar RM2,6 miliar. Dana itu mengalir ke rekening pribadi Najib melalui SRC International Sdn Bhd, anak perusahaan dari 1Malaysia Development Bhd (1MDB) yang kontroversial.

Najib berkali-kali membantah korupsi di lembaga 1MDB. Dia mengklaim, dana besar yang mengalir ke rekening pribadinya berasal dari sumbangan Kerajaan Arab Saudi.Baca Juga: Diperiksa KPK Malaysia Berjam-jam, Najib Razak Tak Ditahan
Ketua MACC Datuk Seri Mohd Shukri Abdull mengatakan seseorang telah memperkenalkan sosok pangeran Saudi tersebut kepada para petugas MACC ketika mereka berada di Arab Saudi.

"Dalam stadar operasional prosedur kami, kami mencari saksi sendiri, tetapi dalam kasus ini, seseorang memperkenalkan pangeran kepada kami," katanya dalam konferensi pers, Selasa (22/5/2018), yang dilansir The Star.

"Tapi, ketika kami meminta dokumen pendukung, dia (pangeran) tidak bisa memproduksinya," ujar Shukri.

"Kami kemudian menyerahkan ini kepada Jaksa Agung (Tan Sri Mohamed Apandi Ali) untuk memberi kami bantuan hukum timbal balik (MLA) untuk diproses, sehingga kami dapat mengetahui apakah ini benar atau tidak, tetapi dia menolak untuk menyetujui," kata Shukri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Najib pagi ini hadir di markas MACC untuk diperiksa soal peran SRC International di 1MDB. Setelah diperiksa berjam-jam, Najib tidak ditahan. Namun, dia diwajibkan datang lagi untuk pemeriksaan hari Kamis nanti.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6182 seconds (0.1#10.140)