Indonesia-Brazil Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Jum'at, 11 Mei 2018 - 22:37 WIB
Indonesia-Brazil Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral
Indonesia-Brazil Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral
A A A
BOGOR - Indonesia dan Brazil sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang. Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Brazil, Aloysio Nunes Ferreira di Bogor, Jawa Barat.

Dalam pertemuan itu, keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam sama perdagangan, pertanian, dan people to people contact. Keduanya juga membahas mengenai isu-isu kerja sama multilateral dan regional yang menjadi perhatian bersama.

Ditemui pasca melakukan pertemuan dengan Ferreira, Retno menyatakan Brazil adalah salah satu mitra penting Indonesia di kawasan Amerika Latin. Ia menyebut Negeri Samba itu adalah negara pertama di Amerika Latin yang memiliki kerja sama straregis dengan Indonesia.

“Brazil punya tempat yang sangat penting dalam hubungan bilateral dengan Indonesia. Brazil adalah negara satu-satunya yang punya hubungan kerja sama strategis sejak 2008,” ucap Retno, Bogor, Jumat (11/5/2018).

Retno kemudian menyatakan, dalam pertemuan tersebut, Ferreira juga menyampaikan permohonan maaf atas batalnya kunjungan Presiden Brazil ke Indonesia.

"Menlu Brasil menyampaikan ucapan maaf dari Presiden Brazil kepada Presiden Jokowi. Ia juga mengunjungi Thailand, Hanoi dan Singapura karena memang rencananya Presiden Brazil akan tur Asia," ucapnya.

Ketika disinggung kapan kemungkinan Presiden Brazil akan melakukan kunjungan ke Indonesia, Retno menyatakan jadwal kunjungan baru bisa diketahui setelah pemilihan umum di Brazil selesai digelar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3183 seconds (0.1#10.140)