Deretan Negara yang Pernah Dijajah Portugis, Nomor 1 Awalnya Hanya Mau Beli

Jum'at, 27 Mei 2022 - 14:15 WIB
loading...
Deretan Negara yang Pernah Dijajah Portugis, Nomor 1 Awalnya Hanya Mau Beli
Lukisan karya Isaac Commelin pada 1645 menggambarkan Belanda dan Hitu mengalahkan Portugis di Amboina pada 1605. Foto/Isaac Commelin
A A A
LISBON - Di masa penjajahan, negara-negara Eropa saling berlomba memperluas wilayah kekuasaan demi mendapatkan sumber daya alamnya. Hal ini dilakukan guna menopang negaranya, termasuk untuk berperang melawan musuh.

Sejarah Indonesia pun tidak luput dari penjajahan. Beberapa negara telah menjajah Indonesia dan mengeruk sumber daya alam sekaligus sumber daya manusianya.

Salah satu negara yang sempat datang untuk menguasai Indonesia adalah Portugis. Selain Indonesia, Portugis juga menjajah sejumlah negara lain. Berikut daftarnya:

1. Indonesia

Sejarah mencatat masa penjahan Portugis terhadap Indonesia memang tidak terlalu lama, kurang lebih sekitar 15 tahun dari tahun 1511 hingga 1526.

Portugis agaknya berbeda dari kolonial lain, di mana Portugis tidak menguasai seluruh daratan Indonesia, melainkan hanya sebagian Pulau Sumatera, Maluku, dan Jawa Banda.

Ketika mendarat di Maluku pada tahun 1509, Portugis sebenarnya hanya berniat untuk mencari dan membeli rempah-rempah.

Hal ini tentu disambut baik oleh rakyat dan raja-raja Maluku yang berkuasa saat itu. Tapi niat tersebut lama-kelamaan berubah hingga Portugis ingin menguasai Maluku beserta seluruh tanah Nusantara.

2. Brasil

Brasil merupakan daerah jajahan Portugis dan juga koloni terbesar yang dimiliki negara itu. Tak tanggung-tanggung, Brasil dijajah Portugis selama kurang lebih tiga abad, mengutip dari AS Census.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)