Kedubes AS di Jakarta Akan Tutup Sementara

Kamis, 10 Mei 2018 - 21:31 WIB
Kedubes AS di Jakarta Akan Tutup Sementara
Kedubes AS di Jakarta Akan Tutup Sementara
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta menyatakan mereka akan menutup layanan pada esok hari. Penutupan ini terkait dengan adanya rencana aksi demonstrasi untuk memprotes pemindahaan kedubes AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di laman resmi mereka, kedubes AS di Jakarta juga menyampaikan bahwa Konsulat AS di Jakarta dan Bali tetap akan buka, namun hanya akan melayani mereka yang sudah melakukan janji temu.

"Berbagai organisasi telah membuat jadwal demonstrasi pada hari Jumat, 11 Mei 2018, dimulai sekitar pukul 04.00 di dekat kedubes AS di Jakarta dan mulai pukul 1:00 siang. dekat Konsulat Jenderal AS di Surabaya. Relokasi kedubes AS di Israel pada 14 Mei mendatang dapat memicu protes, beberapa di antaranya berpotensi menjadi kekerasan," bunyi pernyataan kedubes AS, seperti dikutip Sindonews pada Kamis (10/5).

"Kedubes di Jakarta akan menutup layanan paspor, notaris, dan visa kepada publik pada 11 Mei 2018, dan akan mengurangi operasi dan staf yang terbatas. Konsulat Jenderal di Surabaya dan Konsuler Agency di Bali akan terbuka untuk janji yang dijadwalkan," sambungnya.

Kedubes AS menambahkan, jika ada warga AS yang membutuhkan bantuan, mereka bisa langsung menghubungi kantor kedubes AS atau Konsulat Jenderal AS.

Terkait dengan pemindahan kedubes AS, Putri sekaligus penasihat Presiden AS, Donald Trump yakni Ivanka Trump bersama sang suami, Jared Kushner yang juga merupakan penasihat Trump dilaporkan akan menghadiri pembukaan kantor Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Wakil Menteri Luar Negeri John Sullivan akan memimpin delegasi yang akan mencakup Ivanka Trump, Jared Kushner, Menteri Keuangan, Steven Mnuchin dan Duta Besar AS untuk Israel. David M. Friedman. Jason Greenblatt utusan khusus Presiden AS untuk perdamaian Timur Tengah dilaporkan akan turut hadir dalam acara itu.

Selain itu, tanda jalan yang menunjukan arah kedubes AS mulai muncul di Yerusalem. Warga Yerusalem menuturkan, para pekerja memasang tanda-tanda dalam bahasa Inggris, Ibrani, dan Arab, di sepanjang jalan menuju gedung kedubes AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2986 seconds (0.1#10.140)