Marah, Legislator Iran Bakar Bendera dan Teriak Matilah Amerika

Kamis, 10 Mei 2018 - 02:09 WIB
Marah, Legislator Iran...
Marah, Legislator Iran Bakar Bendera dan Teriak Matilah Amerika
A A A
TEHERAN - Para anggota parlemen Iran yang marah meneriakkan "Matilah Amerika" dan membakar kertas bendera Amerika Serikat (AS) di parlemen negara itu di Teheran. Aksi itu sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional.

Protes itu muncul ketika para pejabat Iran, termasuk Ketua Parlemen Ali Larijani dan Presiden Hassan Rouhani, mengatakan mereka berharap para pemimpin Eropa akan bekerja dengan mereka untuk mempertahankan kesepakatan antara Teheran dan kekuatan dunia - tanpa AS - tetapi menekankan bahwa negara itu sekarang dapat memutuskan untuk melanjutkan program nuklirnya.

"Jika perlu, kita dapat memulai pengayaan industri tanpa batasan," kata pemimpin Iran itu.

"Sampai pelaksanaan keputusan ini, kami akan menunggu beberapa minggu dan akan berbicara dengan teman-teman dan sekutu kami serta penandatangan lain dari kesepakatan nuklir, yang menandatanganinya dan siapa yang akan tetap setia kepadanya. Semuanya tergantung pada kepentingan nasional kami," imbuhnya seperti dikutip dari USA Today, Kamis (10/5/2018).

Selama demonstrasi, anggota parlemen mengangkat bendera AS yang terbakar saat rekan-rekan mereka bergabung dalam koor anti-Amerika. Mereka juga membakar selembar kertas yang mewakili kesepakatan nuklir dan menginjak abunya.

Larijani, menurut Kantor Berita Mahasiswa Iran, mengatakan Trump tidak memiliki "kapasitas mental."

Sementara itu, para diplomat Eropa bersikeras bahwa kesepakatan 2015 tidak akan tiba-tiba runtuh meskipun AS menarik diri. Hans Dietmar Schweisgut, perwakilan Uni Eropa untuk China mengatakan dalam konferensi pers di Beijing bahwa Uni Eropa sangat percaya kesepakatan tersebut milik komunitas internasional.

"Ini bukan kesepakatan yang akan berantakan jika Anda pergi begitu saja," ujarnya.

Inggris, Cina, Prancis, Jerman dan Rusia semuanya menandatangani perjanjian tahun 2015 di mana Iran berjanji untuk membatasi persediaan uraniumnya yang diperkaya selama 15 tahun dan jumlah sentrifugal selama 10 tahun. Keduanya dibutuhkan untuk membuat senjata nuklir. Uni Eropa (UE), AS dan PBB mencabut sanksi ekonomi sebagai bagian dari kesepakatan.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah memverifikasi bahwa Iran mematuhi ketentuan perjanjian. Namun Trump dan tokoh garis keras dalam pemerintahannya telah berulang kali bersikeras bahwa pemerintah Iran tidak dapat dipercaya dan perjanjian itu harus ditinggalkan. Jajak pendapat menunjukkan bahwa mayoritas warga AS lebih suka untuk bertahan dalam kesepakatan.

Jenderal Mohammad Ali Jafari, kepala Pengawal Revolusi Iran, dikutip oleh kantor berita semi resmi Iran Fars mengatakan: "Kami menyambut keputusan Trump untuk menarik keluar dari kesepakatan. Ini bukan peristiwa baru dan tidak memiliki peran yang efektif di bidang apapun."

"Sudah jelas bahwa Amerika tidak dapat dipercaya," imbuhnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)