Malaysia Gagalkan Penyelundupan 131 Imigran Sri Lanka

Minggu, 06 Mei 2018 - 12:39 WIB
Malaysia Gagalkan Penyelundupan...
Malaysia Gagalkan Penyelundupan 131 Imigran Sri Lanka
A A A
KUALA LUMPUR - Polisi Malaysia berhasil mencegat sebuah kapal tanker yang mengangkut 131 warga Sri Lanka yang diyakini menuju Australia dan Selandia Baru. Keberhasilan polisi Malaysia ini menghancurkan jaringan penyelundupan manusia terbesar yang telah beroperasi selama satu tahun.

"Pihak berwenang menghentikan kapal tanker yang dimodifikasi pada Selasa di lepas pantai negara bagian Johor selatan," kata kepala polisi nasional Malaysia, Mohamad Fuzi Harun, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari ABC News, Minggu (6/5/2018).

Ia mengatakan para imigran itu termasuk 98 pria, 24 wanita, empat anak laki-laki dan lima perempuan.

"Polisi juga menyerbu kapal nelayan yang digunakan untuk mengangkut para migran ke kapal dan menahan tiga orang Indonesia dan empat orang Malaysia di kapal itu," katanya.

Sementara itu lima warga Malaysia lainnya ditangkap karena diduga terlibat dalam sindikat penyelundupan.

"Sindikat ini telah beroperasi sejak pertengahan 2017 dan memiliki koneksi internasional di Sri Lanka, Australia, Selandia Baru, Indonesia dan Malaysia," terang Fuzi.

"Sebanyak 127 warga Sri Lanka akan dikenakan tuntutan memasuki Malaysia secara ilegal, sementara sembilan warga Malaysia, empat orang Indonesia dan empat warga Sri Lanka akan diselidiki untuk penyelundupan manusia," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5557 seconds (0.1#10.140)