Bilang Rendang Ayam Tidak Krispi, Juri Masterchef Tuai Hujatan

Rabu, 04 April 2018 - 14:18 WIB
Bilang Rendang Ayam Tidak Krispi, Juri Masterchef Tuai Hujatan
Bilang Rendang Ayam Tidak Krispi, Juri Masterchef Tuai Hujatan
A A A
LONDON - Juri acara televisi populer di Inggris, Masterchef, menuai hujatan dari netizen Indonesia dan Malaysia. Pemicunya adalah mereka mengkritik rendang ayam yang disajikan oleh salah satu kontestan asal Malaysia tidak krispi atau renyah.

Dalam kontes masak memasak itu, salah seorang kontestan Zaleha Kadir Olpin menghidangkan nasi uduk disertai dengan rendang ayam kepada para juri. Sajian ini membuat juri Gregg Wallace mengkritik Zaleha. Menurutnya kulit ayam rendang buatannya tidak renyah sehingga tidak bisa dimakan.

Saat penjurian akhir, Wallace dan rekannya John Torode memutuskan untuk mengeliminasi Zaleh.

Bilang Rendang Ayam Tidak Krispi, Juri Masterchef Tuai Hujatan


"Yang mengecewakan saya adalah kulit ayamnya tidak matang dan bumbu rendangnya menutupi kulit," ujar Wallace yang berlatar belakang sebagai penulis buku dan pedagang sayuran seperti dikutip dari CNN, Rabu (4/4/2018).

Pasca acara itu ditayangkan, netizen internasional terutama dari Malaysia dan Indonesi ramai-ramai mengecam Wallace. Wallace dinilai tidak tahu tentang salah satu masakan yang dinobatkan sebagai salah satu masakan terlezat di dunia itu.

Kecaman itu tidak hanya datang dari warga biasa. Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Malaysia pun turut mengecam komentar Wallace.

Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman, menuduh Wallace telah merendahkan Zaleha dan ia berharap bisa bertemu dengannya langgsung.

Sedangkan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, memposting foto ke Twitter dengan teks yang mengekspresikan kebingunganya bahwa siapa pun akan memakan rendang ayam yang "renyah".

Zaleha sendiri mengaku kecewa telah dieliminasi. "Tapi saya akan tetap memasak nasi lemak dengan cara tradisional. Tidak akan merubahnya untuk dunia," tulis Zaleha di akun instagramnya.

"Terima kasih banyak atas semua dukungan dan harapan Anda," katanya dalam sebuah postingan mengomentari komentar dari orang-orang Asia Tenggara yang menghujat juri masterchef karena tidak tahu bagaimana rendang harus dimasak.

Torode, meskipun setidaknya mengerti bagaimana rendang dimasak, justru tidak membantu ketika ia bercanda - dalam tweet yang dihapus - tentang perselisihan yang berkepanjangan tentang asal rendang.

"Mungkin karena rendang itu bahasa Indonesia," tulisnya. "Cintai ini !! Brilian bagaimana kamu keluar semua... Namaste," imbuhnya.

Namaste adalah ucapan tradisional Hindu, yang digunakan di India dan Nepal, dan bukan, kecuali di kalangan diaspora India, di Malaysia atau Indonesia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5451 seconds (0.1#10.140)