RI Masih Tunggu Respon Saudi Soal Protes Eksekusi TKI Zaini

Rabu, 21 Maret 2018 - 16:28 WIB
RI Masih Tunggu Respon Saudi Soal Protes Eksekusi TKI Zaini
RI Masih Tunggu Respon Saudi Soal Protes Eksekusi TKI Zaini
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan pihaknya masih menanti respon pemerintah Arab Saudi atas nota protes yang disampaikan terkait dengan eksekusi mati tenaga kerja Indonesia (TKI) Zaini Misrin.

Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, A.M. Fachir menyatakan, pihaknya sudah menyerahkan nota protes tersebut kepada Duta Besar Saudi untuk Indonesia, dan juga kepada Kementerian Luar Negeri Saudi oleh Duta Besar RI di Riyadh.

"Kami sudah meminta klarifikasi dan masih menunggu komunikasi dari mereka," ucap Fachir yang ditemui disela-sela Dialog dan Konsulatasi Regional Mengenai NPT di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Sebelumnya diwartakan, Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal menuturkan protes itu terkait dengan keputusan Saudi untuk mengeksekusi Zaini, padahal proses peninjauan kembali (PK) yang diajukan oleh pengacara Zaini masih berjalan di Mahkamah Banding negara itu.

Pengacara Zaini telah mengajukan PK kedua pada awal tahun ini, setelah PK pertama yang diajukan tahun lalu ditolak. Mahkamah Banding Saudi, masih memproses permintaan PK dan sampai saat ini belum ada keputusan PK itu diterima atau ditolak.

Zaini sendiri diketahui dieksekusi mati kemarin. Pria asal Madura itu dieksekusi karena dituduh telah membunuh majikannya. Zaini sudah ditahan otoritas Saudi sejak tahun 2004, dan pemerintah Indonesia mulai melakukan pendampingan sejak tahun 2008.

Iqbal menyebut pendampingan baru dilakukan pada tahun 2004, karena pemerintah Saudi tidak memberikan pemberitahuan kepada perwakilan Indonesia bahwa Zaini telah diamankan dan baru memberikan informasi setelah hakim menjatuhkan vonis kepada Zaini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7693 seconds (0.1#10.140)