Saudi Dilaporkan Hapus Beberapa Pembatasan untuk Pekerja Asing

Rabu, 04 November 2020 - 21:43 WIB
loading...
Saudi Dilaporkan Hapus Beberapa Pembatasan untuk Pekerja Asing
Arab Saudi dilaporkan akan menghapus beberapa batasan utama pada pekerja asing dalam perombakan kebijakan ketenagakerjaan yang kontroversial. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Arab Saudi dilaporkan akan menghapus beberapa batasan utama pada pekerja asing dalam perombakan kebijakan ketenagakerjaan yang kontroversial. Ini adalah bagian dari rencana untuk menarik para pekerja dari luar negeri dan meningkatkan mobilitas pasar kerja.

Menurut Sattam Alharbi, Wakil Menteri Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Saudi, warga non-Saudi tidak lagi membutuhkan izin majikan mereka untuk berganti pekerjaan, bepergian ke luar negeri atau meninggalkan negara secara permanen. ( )

Sistem “kafala” atau “sponsor” saat ini, yang digunakan untuk ekspatriat di negara-negara Teluk Arab selama beberapa dekade, telah dikritik oleh kelompok HAM sebagai bentuk penghambaan kontrak.

Beberapa ekonom berpendapat bahwa sistem itu juga mengakar pada praktik majikan swasta yang mempekerjakan pekerja asing yang lebih murah dan lebih mudah dikendalikan yang menikmati sedikit perlindungan, bahkan ketika pengangguran Saudi meningkat.

“Perubahan ini bukanlah perubahan kecil, ini sangat besar. Pemerintah telah mengerjakan perombakan selama dua tahun. Kami bertujuan untuk mencapai lebih banyak inklusi bagi orang Saudi, menarik bakat, meningkatkan kondisi kerja, membuat pasar tenaga kerja Arab Saudi lebih dinamis dan produktif," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)