Membangun Jembatan Sosial dan Budaya yang Berbeda ala Trudeau

Jum'at, 23 Februari 2018 - 14:45 WIB
Membangun Jembatan Sosial dan Budaya yang Berbeda ala Trudeau
Membangun Jembatan Sosial dan Budaya yang Berbeda ala Trudeau
A A A
PUNJAB - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau tidak kaget ketika menggunakan baju khas India ala Bollywood. Dia dan keluarganya memang sudah terbiasa mengenakan baju khas India demikian. Maka kebiasaan itu pun dilakukannya saat berkunjung ke India.

Selama di Kanada, Trudeau memang kerap mengenakan baju khas India dalam perayaan resmi Diwali, festival cahaya yang dirayakan umat Hindu. Dia juga tak malu mengenakkan baju khas ala Bollywood. Dia dan keluarganya justru seperti sangat senang mengenakan baju khas India tersebut.

Baju dengan tema India itu dipakai Trudeau sejak dia menggelar lawatan di India pada 17 Februari lalu. Dia juga berkunjung ke berbagai wilayah India. Dia selalu melaksanakan sesi foto bersama dengan keluarganya sebagai simbol kunjungan kekeluargaan. Tapi rasa lawatan Tru deau itu seperti liburan keluarga yang ditampilkan ke media.

Melansir BBC, saat berkunjung ke Kuil Emas di Amritsar, Trudeau mengenakan baju khas India dengan ikat kepala berwarna oranye. Adapun sang istri Sophie mengenakan baju India dengan warga biru langit. Berlanjut saat berkunjung ke Gujarat, PM Kanada itu mengenakan baju India berwarna merah bernama kurta. Dia berkunjung ke kediaman Mahatma Gandhi atau yang dikenal sebagai Sabarmati. Dia juga dikalungi bunga di lehernya.

Kemudian Trudeau bertemu dengan para bintang Hollywood di Mumbai. Dia mengenakan baju khas India yang biasanya digunakan oleh pengantin pria saat hendak menikah. Istrinya juga mengenakan sari. Itu menggambarkan keluarga Trudeau mengenakan baju bertema pernikahan India.

Gaya unik pakaian Trudeau beserta keluarganya, yang mengesankan mereka sedang berlibur, ternyata mendapatkan respons positif di masyarakat India. Namun banyak pihak mengungkapkan bahwa Trudeau melakukan lawatan untuk bekerja dan meningkatkan kerja sama dengan India. Pemerintah Kanada pun membantah bahwa Trudeau sedang berlibur di India dengan menggunakan uang negara.

"PM Kanada Trudeau sepertinya sangat akrab dengan pakaian etnik India," demikian tulis The India Express. "Sepertinya Trudeau memang menyuakai baju khas India. Ke mana pun pergi di India, dia menggunakan baju khas India yang menarik."

Vanity Fair mengungkapkan hal yang dilakukan Trudeau merupakan bentuk diplomasi fashion oleh seluruh keluarga. Pujian terhadap Trudeau dengan diplomasi fashion ini juga diungkapkan Omar Abdullah, mantan Menteri Besar Jammu dan Kashmir. "Tak semua orang India suka memakai baju khas Anda (Trudeau) meskipun di Bollywood," ujarnya.

Dalam pandangan Vivek Dehejia, profesor ekonomi di Ottawa, apa yang dilakukan Trudeau itu berlebihan. "Saya memahami bagaimana mengenakan baju tradisional. Tapi itu berlebihan," paparnya.

Sebelumnya PM Trudeau menegaskan kunjungannya ke India bertujuan untuk meningkatkan kerja sama, bukan hanya untuk urusan politik. Melalui lawatan ini, Trudeau ingin membangun hubungan bisnis dan budaya antarkedua negara. "Kita di sini menggelar lawatan yang panjang. India merupakan hal penting bagi kami," ujar Trudeau seperti dilansir Reuters.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3826 seconds (0.1#10.140)