Kereta Tabrak Bus Sekolah di Prancis, 4 Murid Tewas

Jum'at, 15 Desember 2017 - 09:49 WIB
Kereta Tabrak Bus Sekolah di Prancis, 4 Murid Tewas
Kereta Tabrak Bus Sekolah di Prancis, 4 Murid Tewas
A A A
PARIS - Sebuah kereta menabrakn bus sekolah di lintasan penyebrangan di luar kota Perpignan di barat daya Prancis pada hari Kamis. Seikitnya, empat remaja tewas dalam kejadian tersebut.

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan bus terbagi dua, dengan antrian panjang kendaraan darurat di dekat persimpangan.

"20 orang lainnya cedera dalam kecelakaan itu, 11 di antaranya serius," menurut Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe, yang segera melakukan perjalanan ke tempat kejadian seperti dikutip dari Reuters, Jumat (15/12/2017).

Sebagian besar yang terluka adalah anak-anak sekolah di atas bus, berusia 13-17 tahun.

Philippe mengatakan kepada wartawan bahwa pihak berwenang difokuskan untuk mendapatkan informasi yang akurat dari keluarga, sebuah proses "yang dipersulit oleh pertanyaan identifikasi orang-orang yang telah meninggal dan beberapa orang yang terluka."

Sebuah pusat koordinasi krisis telah didirikan di balai kota Millas di pinggiran barat Perpignan, sekitar 850 kilometer dari Paris. Menurut laporan media setempat, bus tersebut mengantar murid-murid dari sekolah Christian Bourquin di kota itu.

"Semua pikiran saya (bersama) para korban dan keluarga mereka," kata Presiden Prancis Emmanuel Macron di Twitter.

Penyebab kecelakaan itu tidak diketahui, sambil menunggu penyelidikan penuh, kata beberapa pejabat. Sopir bus dan kereta api selamat dan akan diperiksa oleh polisi.

"Kereta tersebut membawa 25 penumpang dan melaju dengan kecepatan 80 km/jam, kecepatan sesuai peraturan untuk bagian jalur dimana terjadi tabrakan, kata seorang juru bicara kereta api SNCF nasional. Tiga penumpang kereta api mengalami luka yang relatif ringan, menurut kementerian dalam negeri.

Saksi telah melaporkan bahwa penghalang penyeberangan turun pada saat terjadi benturan, kata juru bicara SNCF, menambahkan bahwa semua informasi awal tersebut "tunduk pada konfirmasi" oleh penyidik.

Prancis telah mengalami beberapa kecelakaan kereta yang serius dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu yang paling mematikan adalah pada tahun 1988, ketika sebuah kereta komuter menuju Gare de Lyon di Paris menabrak kereta stasioner, menewaskan 56 orang, setelah kegagalan pengereman.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4813 seconds (0.1#10.140)