George H W Bush, Presiden AS yang Paling Lama Hidup

Senin, 27 November 2017 - 00:59 WIB
George H W Bush, Presiden...
George H W Bush, Presiden AS yang Paling Lama Hidup
A A A
WASHINGTON - George H W Bush menjadi presiden Amerika Serikat (AS) yang paling lama hidup sepanjang sejarah. Rekor itu tercipta pada akhir pekan kemarin.

Bush saat ini berusia 93 tahun 166 hari, melebihi Gerald Ford yang berusia 93 tahun dan 165 hari ketika ia meninggal pada bulan Desember 2006 dan Ronald Reagan yang hidup sampai berusia 93 tahun 120 hari.

Satu lagi presiden AS yang masih hidup hingga saat ini yaitu Jimmy Carter berada di urutan keempat. Carter saat ini berusia 93 tahun 56 hari.

Bush, yang menjabat dua periode sebagai wakil presiden Ronald Reagan, terpilih ke Gedung Putih pada tahun 1988. Ia hanya memimpin satu periode sebelum dikalahkan oleh Bill Clinton.

Presiden ke-41, Bush membagi waktunya antara Houston, Texas dan rumah musim panas keluarga di Kennebunkport, Maine.

Selama beberapa minggu terakhir, Bush telah dituduh oleh empat wanita meraba-raba mereka selama pemotretan. Mantan juru bicara presiden tersebut mengajukan permintaan maaf setelah tuduhan pertama, yang menjelaskan bahwa dengan menggunakan kursi roda, lengannya sering turun di bawah pinggang orang-orang di sampingnya seperti dikutip dari Telegraph, Senin (27/11/2017).

Awal tahun ini muncul bahwa Bush memilih Hillary Clinton dalam pemilihan 2016, setelah menolak Donald Trump yang disebutnya sebagai sosok yang sombong dan banyak bicara.

Dia juga bergabung dengan anaknya George W Bush dalam merilis sebuah pernyataan bersama yang mengutuk kefanatikan rasial dan anti-Semitisme setelah terjadi kekerasan di Charlottesville.

Itu adalah sebuah langkah yang dipandang sebagai kritik atas tanggapan Trump terhadap kerusuhan di mana satu orang meninggal setelah ditabrak sebuah mobil yang dikendarai oleh seorang demonstran nasionalis kulit putih.

Bush tetap aktif secara politis, memiliki akun Twitter dan telah bergabung dengan mantan presiden lain yang masih hidup dalam beberapa kesempatan. Terbaru ia bergabung dalam sebuah konser di Texas untuk mengumpulkan dana bagi korban Badai Harvey.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0782 seconds (0.1#10.140)