Madrid Minta Presiden Barcelona Ikut dalam Pemilu Catalonia

Minggu, 29 Oktober 2017 - 06:58 WIB
Madrid Minta Presiden...
Madrid Minta Presiden Barcelona Ikut dalam Pemilu Catalonia
A A A
MADRID - Pemerintah Spanyol mengatakan bahwa pihaknya akan menyambut baik partisipasi presiden Catalan Carles Puigdemont dalam pemilihan regional. Rencananya, pemerintah Spanyol akan mengadakan pemilu regional pada bulan Desember mendatang.

"Jika Puigdemont ingin melanjutkan berpolitik, yang merupakan haknya, saya pikir dia harus mempersiapkan pemilihan berikutnya," kata juru bicara pemerintah Spanyol Inigo Mendez de Vigo seperti disitat dari Reuters, Minggu (29/10/2017).

Puigdemont sebelumnya pada hari Sabtu menyerukan sebuah oposisi demokratis atas pengambilalihan Madrid terhadap wilayah tersebut menyusul deklarasi kemerdekaannya.

Baca juga:
Pemimpin Catalonia Serukan Perlawanan Terhadap Madrid

"Saya yakin bahwa jika Puigdemont mengambil bagian dalam pemilihan ini, dia dapat menjalankan oposisi demokratis ini," ujar de Vigo.

Setelah membubarkan parlemen daerah dan memecat pemerintah daerah pada hari Jumat, Perdana Menteri Spanyol Rajoy mengatakan pemilihan regional baru akan diadakan di Catalonia pada 21 Desember.

Mendez de Vigo juga mengatakan bahwa dia yakin bahwa polisi regional Catalan akan mematuhi undang-undang tersebut setelah pemerintah memecat petugas regional.

Dia mengatakan bahwa jika Puigdemont menolak untuk meninggalkan kantornya, pemerintah akan bereaksi dengan kecerdasan dan akal sehat.

Ketika ditanya apa yang akan terjadi jika Puigdemont harus menghadapi tuntutan di pengadilan, Mendez menjawab bahwa di Spanyol kekuasaan peradilan dan politik terpisah dan tidak ada yang berada di atas hukum. Dia tidak melakukan hal yang lebih jauh lagi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0795 seconds (0.1#10.140)