Soal Pencekalan Panglima TNI, Kedubes AS Masih Bungkam

Minggu, 22 Oktober 2017 - 18:28 WIB
Soal Pencekalan Panglima TNI, Kedubes AS Masih Bungkam
Soal Pencekalan Panglima TNI, Kedubes AS Masih Bungkam
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta sejauh ini masih belum memberikan jawaban apapun mengenai pencekalan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. Gatot baru mengetahui dirinya dilarang untuk memasuki AS sesaat sebelum memasuki pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng.
Sejumlah staf kedubes AS di Jakarta yang dihubungi Sindonews pada Minggu (22/10), sejauh ini hanya menyatakan, pihaknya masih mempersiapkan jawab atas insiden ini, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.
Terkait pencekalan ini, Kementerian Luar Negeri Indoensia sebelumnya telah menyatakan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Washington DC, Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan nota diplomatik kepada Kemlu AS mengenai hal ini.
Kemlu RI melalui pesan singkat kepada awak media menuturkan, pihaknya juga akan memanggil pewakilan AS di Jakarta pada esok hari. Namun, Kemlu RI tidak memberikan rincian waktu pemanggilan perwakilan AS tersebut.
"KBRI Washington DC telah mengirim nota diplomatik kepada Kemlu AS untuk meminta klarifikasi terkait kejadian kemarin. Mengingat Duta Besar AS sedang tidak di Jakarta, Wakil Dubes AS juga telah dipanggil untuk ke Kemlu besok guna memberikan keterangan," kata Kemlu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4187 seconds (0.1#10.140)