Perbandingan Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Indonesia

Kamis, 09 Februari 2023 - 12:06 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Amerika Serikat Vs Indonesia
Prajurit mengenakan prototipe Sistem Augmentasi Visual Terpadu (IVAS) Angkatan Darat AS dan menggunakan Pelatih Virtual (SiVT) Skuad imersif selama acara uji lingkungan pelatihan di Soldier Touchpoint ketiga (STP 3) di Fort Pickett, Virginia, AS. Foto/Cou
A A A
WASHINGTON - Kekuatan militer Amerika Serikat (AS) memang sangatlah hebat jika dilihat dari segi pasukan militernya. Amerika mempunyai pasukan dengan jumlah yang sangat banyak.

Tidak hanya itu setiap personilnya juga telah disokong senjata terbaru dan paling canggih. Itulah alasan kenapa Amerika Serikat sering berperan sebagai polisi dunia.

Belum lagi kekuatan udara militer Amerika Serikat didukung dengan pesawat generasi terbaru seperti F-22 raptor yang disebut bisa menghancurkan pesawat tempur apapun yang ada di dunia.

Baik di darat laut maupun udara Amerika mempunyai superioritas dari segi statistik dalam kekuatan militernya.

Lantas bagaimana dengan kekuatan negara kita Indonesia seperti apakah perbandingan kekuatan militer kita dengan kekuatan militer Amerika Serikat?

Berikut ulasan perbandingan kekuatan militer Indonesia dengan Amerika Serikat, negara dengan militer terkuat di dunia.

1. Jumlah Personel

Sebagai negara yang berada di posisi pertama dengan militer terkuat di dunia, menandakan Amerika Serikat memiliki jumlah personel militer yang tidak sedikit.

Menurut Global Firepower, jumlah personel aktif Amerika Serikat pada tahun 2023 mencapai 1.390.000 orang dan jumlah personel aktif Indonesia jauh lebih sedikit yakni 400.000 personel. Sehingga selisih keduanya mencapai 990.000 personel.

Selain personel aktif, Indonesia dan Amerika Serikat juga telah mempunyai personel cadangan. Jumlah personel cadangan Amerika Serikat mencapai 442.000 orang dan Indonesia 400.000 personel. Sehingga selisih dari personel cadangan mencapai 42.000 personel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)