Putra Raja Salman: AS dan Sekutu Sadari Besarnya Ancaman Iran

Rabu, 09 Agustus 2017 - 01:45 WIB
Putra Raja Salman: AS dan Sekutu Sadari Besarnya Ancaman Iran
Putra Raja Salman: AS dan Sekutu Sadari Besarnya Ancaman Iran
A A A
WASHINGTON - Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat (AS) Pangeran Khaled bin Salman mengatakan, Washington dan sekutunya menyadari betul besarnya ancaman Iran terhadap keamanan internasional. Putra Raja Salman ini membanggakan hubungan Riyadh dan Washington yang membaik sejak Donald Trump jadi presiden.

Dalam wawancaranya dengan The Washington Post, pangeran Saudi ini menegaskan bahwa negaranya siap bekerja sama untuk mengatasi tindakan dan kebijakan ekspansionis Iran.

Khaled merupakan Duta Besar Saudi yang baru ditugaskan di Washington. Dia adalah adik dari Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman. Sosok Khaled sempat jadi pemberitaan media internasional saat jadi pilot jet tempur Saudi yang bergabung dengan koalisi internasional pimpinan AS untuk memerangi ISIS.

”Ada peningkatan besar dalam hubungan Saudi-AS di bawah pemerintahan ini. Saya pikir Presiden Trump bertekad untuk bekerja sama dengan sekutunya di wilayah tersebut untuk melawan ekspansionisme dan terorisme Iran,” katanya.

“Kami senang dengan kebijakan saat ini di kawasan (Timur Tengah),” lanjut diplomat muda Riyadh ini, yang dikutip Rabu (9/8/2017).

Dalam wawancaranya dengan editor The Washington Post, Lally Weymouth, beberapa topik utama di Timur Tengah dan sekitarnya, seperti krisis Suriah, Yaman dan Irak juga disinggung. Khaled memperingatkan pengaruh Iran yang terlalu berlebihan terhadap beberapa pihak.

”Ya, sektarianisme selalu mengarah pada terorisme. Kaum Sunni dan (Syiah) harus diperlakukan sama seperti halnya warga Irak. Iran ingin Irak mematuhi Iran. Kami mendukung kemerdekaan Irak,” kata Khaled.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 7.7947 seconds (0.1#10.140)