Jepang: Forum ASEAN Memanas Saat Bahas Korut dan LCS

Senin, 07 Agustus 2017 - 22:04 WIB
Jepang: Forum ASEAN Memanas Saat Bahas Korut dan LCS
Jepang: Forum ASEAN Memanas Saat Bahas Korut dan LCS
A A A
MANILA - Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono menyatakan, Forum Regional ASEAN memanas saat membahas mengenai nuklir Korea Utara (Korut) dan Laut China Selatan. Forum regional ASEAN diikuti oleh 27 negara.
"Diskusi sengit terjadi mengenai tes rudal Korea Utara dan perselisihan Laut China Selatan," kata Kono kepada wartawan di Manila, Filipina, seperti dilansir Reuters pada Senin (7/8).
Kono mengatakan dalam pertemuan tersebut, sebagian besar Menteri Luar Negeri yang hadir percaya bahwa sanksi Dewan Keamanan (DK) terhadap Pyongyang harus dilaksanakan sepenuhnya.
"Ada dukungan luas di antara 27 Menteri Luar Negeri di Forum Regional ASEAN di Manila untuk memberikan tekanan kepada Korut dan untuk resolusi DK yang baru untuk sepenuhnya dilaksanakan," ucapnya.
Dia menambahkan, Jepang mendukung Amerika Serikat (AS) dalam aktivitasnya di Laut China Selatan guna memastikan kebebasan navigasi dan menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo secara paksa di kawasan tersebut.
Selain Jepang, AS, Korut, Korea Selatan (Korsel), China, Australia, dan Jepang adalah negara-negara lain yang turut terlibat dalam rangkaian pertemuan tahunan tingkat Menteri ASEAN itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7048 seconds (0.1#10.140)