AS Peringatkan Munculnya ISIS Jilid 2 di Irak

Rabu, 12 Juli 2017 - 18:42 WIB
AS Peringatkan Munculnya ISIS Jilid 2 di Irak
AS Peringatkan Munculnya ISIS Jilid 2 di Irak
A A A
BAGHDAD - Komandan koalisi internasional anti-ISIS pimpinan Amerika Serikat (AS), Letnan Jenderal Stephen Townsend memperingatkan Irak akan munculnya ISIS generasi baru. Peringatan ini muncul setelah Irak berhasil mengalahkan ISIS di Mosul.
Peringatan tersebut mencatat, jika pemerintah Irak tidak mengubah hubungannya dengan komunitas Sunni, perang melawan ISIS tidak akan berakhir, meski sudah ada deklarasi kemenangan di Mosu
"Kami meminta pemerintah Irak untuk mengubah pendekatannya untuk mencegah kemunculan ISIS sekali lagi, yang menekankan perlunya pemerintah untuk berkomunikasi dengan elemen Sunni, dan melakukan rekonsiliasi dengan komunitas tersebut," kata Townsend, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (12/7).
Kemarin, Perdana Menteri Irak Haider el-Abadi mendeklarasikan kehancuran ISIS langsung dari pusat kota Mosul. Abadi datang ke Mosul untuk memberikan selamat kepada tentara Irak atas kesuksesan mengalahkan ISIS di kota tersebut.
"Saya mengumumkan dari sini ke seluruh dunia, sebuah akhir, keruntuhan, dan kegagalan negara teroris ISIS yang mistis, yang diumumkan oleh gerilyawan ISIS dari sini, dari kota Mosul tiga tahun lalu. Adalah hak Anda untuk merasa bangga atas capaian ini," kata Abadi.
Abadi kemudian mengatakan, bahwa rakyat Irak "tidak berbagi" prestasi ini dengan negara lain. Meski demikian, ia mengucapkan terima kasih kepada negara-negara lain, yang menentang terorisme dan ISIS, dan mendukung rakyat Irak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5673 seconds (0.1#10.140)