Jet Tempur Rusia Serang Pasukan Pejuang Suriah

Kamis, 01 Juni 2017 - 11:29 WIB
Jet Tempur Rusia Serang Pasukan Pejuang Suriah
Jet Tempur Rusia Serang Pasukan Pejuang Suriah
A A A
DAMASKUS - Pejuang Suriah yang didukung Barat, FSA, mengatakan bahwa jet-jet Rusia menyerang mereka di wilayah gurun tenggara Suriah. Saat itu, mereka tengah mencoba untuk bergerak maju melawan milisi yang didukung oleh Iran.

Pejuang Suriah mengatakan enam jet membom posisi mereka saat mereka bergerak menuju pos pemeriksaan Zaza dekat Sabaa Biyar. Sabaa Biyar adalah sebuah kota kecil di dekat jalan raya Damaskus-Baghdad dan perbatasan dengan Irak dan Yordania.

Pejuang Suriah mengidentifikasi mereka sebagai orang Rusia karena mereka terbang dalam formasi dan di ketinggian yang lebih tinggi daripada jet Suriah.

"Sekelompok jet Rusia membom kita untuk mengusir gerak maju kita setelah kita melanggar garis pertahanan pertama milisi Iran dan mengambil alih posisi maju di dekat pos pemeriksaan Zaza," kata juru bicara Jaish Osoud al-Sharqiya, Saad al Haj, salah satu dari kelompok utama di daerah tersebut seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (1/6/2017).

Bagian tenggara gurun Suriah, yang dikenal sebagai Badia, telah menjadi front penting dalam perang sipil Suriah antara Presiden Bashar al-Assad, yang didukung oleh Iran dan milisi, dan pejuang yang berusaha mengusirnya.

Keduanya bersaing untuk merebut lahan yang dimiliki oleh ISIS. Kelompok ekstrimis ini telah mundur karena berada di bawah serangan sengit di Irak dan di sepanjang lembah Efrat di Suriah.

Haj mengatakan bahwa tidak satupun pejuang mereka terbunuh. Pejabat FSA lainnya, Said Seif dari kelompok Ahmed Abdo Martir, juga mengatakan pesawat-pesawat Rusia menyerang pejuang saat mereka mulai menyerang pertahanan milisi.

Tentara dan milisi sekutu berusaha merebut pos pemeriksaan Zaza dan Sabaa Biyar bulan ini untuk menghentikan kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang didukung Barat menguasai lahan strategis yang dikosongkan oleh ISIS.

Jet dari koalisi pimpinan AS melawan ISIS memukul milisi pro-pemerintah yang didukung Iran pada 18 Mei saat mereka mencoba untuk maju ke selatan Zaza menuju Tanf. Tanf merupakan basis di perbatasan Suriah-Yordania dimana tentara AS melatih pemberontak FSA.

Baca Juga: Jet-jet AS Bombardir Konvoi Tank Pasukan Assad
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5913 seconds (0.1#10.140)