Usir ISIS, Pejuang Suriah Kuasai Penuh Tabqa

Kamis, 11 Mei 2017 - 02:27 WIB
Usir ISIS, Pejuang Suriah...
Usir ISIS, Pejuang Suriah Kuasai Penuh Tabqa
A A A
DAMASKUS - Milisi Suriah yang didukung Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka telah benar-benar menguasai Tabqa dan bendungan terbesar Suriah dari ISIS. Keberhasilan merebut Tabqa adalah tujuan utama saat mereka mempersiapkan serangan ke kota Raqqa.

Pasukan Demokratik Suriah (SDF), sebuah aliansi pejuang Kurdi dan Arab, telah berjuang melawan ISIS selama berminggu-minggu di Tabqa. Kota tersebut berjarak sekitar 40 km sebelah barat Raqqa di sepanjang sungai Efrat.

Nasser Haj Mansour, seorang penasihat SDF, mengatakan bahwa kota dan bendungan Tabqa sekarang benar-benar dibebaskan setelah SDF mengusir semua militan IS di daerah tersebut seperti dikutip dari Reuters, Kamis (11/5/2017).

Dengan serangan udara dan pasukan khusus dari koalisi pimpinan AS, SDF telah maju ke basis operasi ISIS di Suriah, Raqqa. Mereka akan mengisolasimya dan akhirnya merebut kota yang didaulat jadi Ibu Kota de facto kelompok ekstrimis itu.

Kampanye mereka tampaknya terhenti di sekitar Tabqa, di mana SDF mengalami kemajuan yang lambat setelah mengepung kota tersebut. Mereka memasuki kota awal bulan ini, menguasai sebagian besar distriknya dan mengepung ISIS di bagian bendungan.

Pertarungan untuk Tabqa dimulai setelah pasukan AS membantu pejuang SDF melakukan pendaratan dari udara di tepi selatan Sungai Efrat pada akhir Maret lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0661 seconds (0.1#10.140)