Bertemu Trump, PM Australia Nyatakan Siap Lawan Agresi Korut

Jum'at, 05 Mei 2017 - 16:55 WIB
Bertemu Trump, PM Australia Nyatakan Siap Lawan Agresi Korut
Bertemu Trump, PM Australia Nyatakan Siap Lawan Agresi Korut
A A A
WASHINGTON - Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, menyatakan akan melawan agresi Korea Utara (Korut) bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Hal itu diungkapkannya saat keduanya bersua setelah sebelumnya sempat melakukan pembicaraan via telepon.

"Hari ini dan bersama-sama, kami mengutuk dan melawan provokasi Korut," katanya untuk menunjukkan sikap jika Australia dan AS siap untuk melawan program nuklir dan rudal Kim Jong-un seperti dikutip dari Express, Jumat (5/5/2017).

Dalam pertemuan tatap muka pertama mereka kemarin, kedua pemimpin tersebut menampik rumor bahwa pembicaraan telepon pertama mereka telah membuat hubungan mereka tegang.

"Kalian membesar-besarkan panggilan telepon itu. Itu sebuah pernyataan yang dibesar-besarkan. Kami mendapati pembicaraan telepon yang baik, maksud saya, kami bukan bayi. Tapi kami mendapai pembicaraan telepon yang bagus," kata Trump.

Turnbull adalah salah satu pemimpin asing pertama yang berbicara dengan Trump setelah pelantikannya. Namun berhembus desas desus menyebut hubungan tersebut merenggang setelah Trump mengurangi waktu berbicara yang seharusnya selama satu jam menjadi 25 menit.

Trump dilaporkan merasa terganggu dengan kenyataan bahwa ia diharapkan untuk menghormati sebuah kesepakatan yang dibuat oleh pendahulunya Barack Obama. Kesepakatan itu adalah AS harus menerima sebanyak 1.250 pengungsi yang berada di pusat pemrosesan Australia di kepulauan terpencil di Pasifik.

Pertemuan ini terjadi berminggu-minggu setelah Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, mengutuk ancaman rudal Korut. Bishop mengatakan pemimpin Korut seharusnya lebih khawatir tentang hancurnya keadaan negara komunis itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7170 seconds (0.1#10.140)
pixels