Trump: Bergaul dengan Rusia dan Korea Utara Bukan Sesuatu yang Buruk

Minggu, 01 September 2024 - 16:20 WIB
loading...
Trump: Bergaul dengan...
Donald Trump mengungkapkan bergaul dengan Rusia dan Korea Utara bukan hal buruk. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Berinteraksi dengan Rusia dan Korea Utara, dan “bergaul” dengan mereka, akan menjadi “hal yang baik.” Demikian diungkapkan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Berbicara di sebuah kampanye pemilu presiden di Pennsylvania pada Jumat (31/8/2024), calon dari Partai Republik itu memuji upaya diplomatiknya untuk memperbaiki hubungan Washington dengan Pyongyang, merujuk pada pertemuannya tahun 2019 dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea.

“Saya bergaul dengan Kim Jong-un dari Korea Utara. Ingat saya berjalan ke sana… orang pertama yang pernah berjalan ke sana dari negara ini,” klaim Trump, dilansir RT.



“Kami juga melihat kemampuan nuklirnya. "Sangat penting," imbuhnya. "Anda tahu, bergaul adalah hal yang baik. Bukan hal yang buruk."

"Bergaul" dengan Moskow juga bukan "hal yang buruk," kata Trump. Ia kemudian mengkritik keras pemerintahan yang sedang menjabat, dengan mengklaim Presiden Joe Biden memiliki IQ yang sangat rendah "dan mungkin sekarang tidak ada," karena ia telah "benar-benar kehilangan akal sehatnya."

Calon presiden dari Partai Republik itu mengulangi klaimnya bahwa "apa yang terjadi sekarang dalam hubungan dengan Rusia tidak akan terjadi" jika ia masih menjabat.

Pernyataan Trump itu menanggapi tuduhan dari pesaingnya dalam pemilihan umum, Wakil Presiden Kamala Harris.

Dalam pidato penerimaan pencalonan Demokratnya di Chicago minggu lalu, ia mengkritik mantan presiden tersebut atas hubungannya dengan pemimpin Korea Utara – dengan mengklaim bahwa ia tidak akan “berdekatan dengan tiran dan diktator seperti Kim Jong-un yang mendukung Trump.”

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)