Pakar: Janji Trump Capai Kesepakatan dengan Korut Jika Kembali Terpilih Sulit Tercapai

Minggu, 23 Agustus 2020 - 19:41 WIB
loading...
Pakar: Janji Trump Capai Kesepakatan dengan Korut Jika Kembali Terpilih Sulit Tercapai
Presiden AS Donald Trump. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dalam beberapa pekan terakhir telah mengklaim lebih dari sekali bahwa jika dia terpilih kembali, dia akan membuat kesepakatan dengan Pyongyang dengan sangat cepat. Tetapi, para pakar AS mengenai Asia dan Semenanjung Korea mengatakan, pernyataan seperti itu tidak masuk akal.

Para pakar mengatakan, kesepakatan seperti itu sangat tidak mungkin dan terutama ditujukan pada pemilihan November. "Trump sama sekali tidak mencapai kesepakatan dengan Korea Utara (Korut)," ucap pakar dari Brookings Institution, Michael O'Hanlon.

Douglas Paal, wakil presiden untuk studi di Carnegie Endowment for International Peace mengungkap pernyataan yang hampir senada.

(Baca: Rekaman Suara Adik Trump: Presiden Trump Kejam dan Pembohong )

"Saya pikir Trump terlibat dalam pemikiran magis, berharap bahwa doa ketangguhannya terhadap Pyongyang, diikuti oleh pertemuan puncak dan tidak ada konflik, akan meyakinkan para pemilih bahwa dia melakukan pekerjaan dengan baik. Faktanya benar-benar sebaliknya," ucapnya, seperti dilansir Xinhua.

Mereka mengatakan, DPRK mengawasi dengan cermat proses pemilihan AS. Dengan Trump tertinggal dalam jajak pendapat, Pyongyang enggan datang ke meja perundingan.

Troy Stangarone, dari Institut Ekonomi Korea nirlaba yang berbasis di Washington, mengatakan bahwa Korut memahami politik pemilihan di AS dengan baik dan tidak mungkin ingin bernegosiasi dengan pemerintahan Trump dengan presiden yang tertinggal dalam jajak pendapat, mencatat bahwa Trump tertinggal melawan saingannya Joe Biden.

Mantan analis CIA dan analis kebijakan RAND Corporation, Soo Kim, mengatakan, tujuan Trump tampaknya bukan tentang menangani kekhawatiran AS dan regional tentang kemampuan nuklir yang berkembang di Korut. "Melainkan lebih banyak tentang mengamankan kesepakatan untuk tujuan demonstrasi," ujarya.

Trump dan pemimpin Korut telah terlibat pembicaraan langsung sebanyak tiga kali sejak 2018. Namun pembicaraan terhenti sejak pertemuan kedua mereka, yang berlangsung pada Februari 2019.

(Baca: Ketua DPR AS Kecam Trump karena Klaim FDA Tunda Vaksin Covid-19 )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)